Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Program After School dan Apa Saja Manfaatnya

Persiapan Program After School

Menjelang akhir Oktober 2023 kemarin, saya mengikuti webinar yang diselenggarakan oleh Bimbel live interaktif Sinotif. Saya tidak ingin melewatkan kesempatan yang baik ini. Mengingat tema yang diangkat kali ini sangat menarik dan masih seputar dari dunia pendidikan, yaitu Program After School: Menjadikan Anak Berprestasi di Akademik & Non Akademik

Meski webinar ini hanya berlangsung selama satu jam, tetapi ilmu yang didapatkan sangat berbobot dan bermanfaat untuk memberikan edukasi tambahan kepada putra putri tercinta. Kebetulan sekali, sebagai peserta webinar, saya merasa tema yang diangkat sangat relevan dengan apa yang sedang saya hadapi sekarang ini, di mana si sulung saat ini sedang sibuk-sibuknya berkegiatan setelah selesai sekolah.

Webinar dari Lembaga Kursus Sinotif

Webinar kali ini menghadirkan seorang narasumber bernama Erfano. Ia merupakan seorang guru sekaligus blogger yang telah malang melintang di dunia pendidikan sebagai tenaga pengajar profesional. Nah, di webinar ini dijelaskan langkah apa saja yang perlu dipersiapkan para orang tua sebelum mengikuti program after school ini. Lalu apa saja manfaat yang didapatkan jika mengikuti program ini.

Untuk mendapatkan informasi yang lebih jelas dan detail, baca yuk artikelnya hingga selesai guys!

Apa Itu Program After School?

After School Program atau program setelah sekolah, semisal les atau ekskul, merupakan sebuah kegiatan positif yang dilakukan para siswa setelah selesai belajar di sekolah. Siswa akan mempelajari materi-materi pilihan di luar jam sekolah sesuai minat dan kebutuhannya. Namun tidak terbatas hanya pada kegiatan akademik saja, tetapi juga non-akademik, misalnya saja les piano, les renang, les memasak dan lain sebagainya.

Namun, sebelum mengikuti program after school, terdapat beberapa hal yang perlu dipersiapkan oleh para orang tua. Seluruh persiapan ini perlu direncanakan secara matang, agar nantinya program bisa berjalan secara optimal.

1. Ketahui minat dan bakat anak

Erfano menjelaskan, penting untuk menggali dan mengetahui apa saja minat anak-anak sebelum memutuskan mengikuti program after school ini. Agar nantinya program bisa berjalan secara optimal. Maka dari itu, komunikasi yang baik dan intens perlu dilakukan antara orang tua dan anak.

Setidaknya terdapat tiga faktor yang perlu diketahui dalam mengeksplor minat anak-anak, yaitu :

  • Enjoy, apakah anak enjoy untuk melakukannya?
  • Easy, apakah anak melakukannya dengan mudah?
  • Expert, apakah anak mahir untuk melakukannya?

Dengan mengetahui ketiga faktor tersebut, akan memudahkan para orang tua untuk memantau sekaligus mengetahui apa saja minat anak-anak, sehingga akan lebih mudah dalam memilih materi program after school nantinya.

2. Susun jadwal secara teratur

Agar tidak menggangu jadwal belajar dan bermain anak, susun jadwal kegiatan ekstrakurikuler secara teratur. Beri waktu mereka untuk istirahat sejenak setelah selesai sekolah. 

Misalnya beri waktu untuk makan siang dan beribadah. Setelah itu bisa lanjut melakukan kegiatan ekstrakurikuler. Durasinya juga tidak perlu terlalu lama, cukup 1 - 2 jam saja, agar tidak terlalu lama.

3. Sesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan anak

Pilih materi pelajaran atau kegiatan yang hanya benar-benar disukai dan diminati oleh anak-anak. Memilih terlalu banyak kegiatan, justru bisa membuat anak menjadi cepat lelah dan banyak menghabiskan waktu bermain mereka.

Maka dari itu, penting bagi orang tua untuk menyesuaikan kegiatan setelah sekolah dengan kemampuan dan kebutuhan anak. Terlalu memaksakan diri juga tidak baik, karena bisa membuat anak-anak jadi stres dan tidak lagi semangat untuk belajar.

Apa Saja Manfaat dari Program After School?

Manfaat Program After School

Program after school sedikit banyak telah berkontribusi positif terhadap perkembangan anak. Dengan mengikuti kegiatan setelah sekolah, anak-anak bisa mendapatkan beberapa manfaat yang sangat baik. Apa sajakah itu? 

1. Melatih anak jadi lebih mandiri

Anak-anak memiliki kesempatan untuk memilih kegiatan yang sesuai dengan minat atau passion dan belajar sesuai kemampuannya. Mereka juga berkesempatan untuk mengukur kemampuan, merefleksi dan mengevaluasi apa yang perlu mereka tingkatkan lagi.

Hal ini secara tidak langsung, membuat anak-anak jadi lebih mandiri dan mampu mengambil keputusan secara cepat dan tepat. Anak-anak tidak lagi terlalu tergantung dengan orang tuanya, karena mereka sendirilah yang mengambil keputusan secara langsung.

2. Membantu meningkatkan skill anak

Ini adalah kesempatan yang baik untuk membantu meningkatkan skill atau kemampuan anak. Sangat disayangkan bukan, jika anak-anak memiliki kemampuan yang baik di bidang matematika misalnya, tetapi tidak diasah terus.

Dengan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler, anak-anak memiliki kesempatan untuk unjuk kemampuan apa yang menjadi minat dan kebutuhannya. Bukan tidak mungkin, anak juga akan berprestasi secara akademik maupun non-akademik.

3. Memberikan dukungan akademik

Program after school juga sangat membantu bagi anak-anak yang kesulitan mengerjakan tugas ataupun pekerjaan rumahnya. Anak-anak juga akan mendapatkan materi pelajaran tambahan yang bisa meningkatkan kemampuan dalam belajar di sekolah.

Hal ini tentu saja memberikan impact yang baik terhadap perkembangan proses pembelajaran anak-anak di sekolah. Besar kemungkinan anak-anak berpeluang untuk meraih juara di kelasnya.

4. Membangun kepercayaan diri 

Bagi anak-anak yang merasa kurang percaya diri atau memiliki tantangan dalam belajar di sekolah, program setelah sekolah dinilai memiliki manfaat yang sangat baik. Selama berkegiatan, anak-anak akan mencoba melakukan hal-hal baru yang mungkin saja belum pernah ditemui.

Anak-anak juga jadi banyak belajar bagaimana cara menemukan solusi dari setiap permasalahan yang dihadapi ketika mengikuti program after school. Hal ini pada gilirannya akan membuat kepercayaan diri pada anak akan meningkat.

Tingkatkan Kemampuan Menguasai Pelajaran Eksakta Bersama Sinotif 

Sinotif merupakan sebuah lembaga bimbingan belajar live interaktif yang fokus pada pelajaran eksakta, yaitu matematika, fisika dan kimia, yang mana ketiganya merupakan materi pelajaran yang biasanya kurang diminati oleh anak-anak. Alasannya karena membosankan dan sulit dipahami.

Belajar Matematika di Sinotif

Padahal belajar matematika, fisika maupun kimia itu menyenangkan loh. Asalkan tahu bagaimana metoda belajar yang digunakan, sehingga anak-anak tidak lagi merasa jenuh atau kesulitan untuk memahaminya.

Untuk menjawab tantangan ini, lembaga kursus Sinotif hadir dengan menyajikan metoda belajar interaktif yang membuat kegiatan belajar menjadi lebih mudah dan menyenangkan untuk diterima oleh para siswa.

Berdiri sejak 25 Maret 2000, Sinotif terus mengembangkan diri untuk memenuhi kebutuhan belajar para siswa, mulai dari tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Umum (SMU). Selain itu juga melayani kelompok belajar yang sedang menyiapkan semester awal pada tingkat universitas.

Setiap siswa bisa memilih mengikuti kursus online dengan materi pelajaran yang diminatinya. Siswa juga bisa mengikuti les private matematika, fisika dan kimia dengan cara yang menyenangkan serta jam kursus yang lebih fleksibel. Mau tanya soal PR juga bisa, karena tersedia fitur Tanya Jawab Soal yang standby 24 jam di Sinotif. Pertanyaanmu akan dijawab oleh lebih dari 130 guru di Indonesia.

Para guru di Sinotif juga telah memiliki standar yang tinggi dan bersertifikasi dari pakar pendidikan dan psikologi, sehingga tidak hanya ahli di bidangnya, tetapi juga bisa memahami karakteristik peserta para siswanya.

Konklusi 

Kesuksesan akademik akan lebih mudah dicapai jika anak-anak berusaha terus untuk belajar secara maksimal. Selain itu juga bisa mendaftarkan anak ke bimbingan belajar untuk memaksimalkan kemampuannya. Sehingga anak akan lebih berprestasi secara akademik maupun non-akademik.

Untuk memilih tempat bimbel matematika, jangan asal-asalan ya, kamu bisa memilih lembaga kursus online live interaktif dari Sinotif sebagai tempat yang tepat.

Semoga bermanfaat.

16 komentar untuk "Mengenal Program After School dan Apa Saja Manfaatnya "

  1. Penting sekali yaa memiliki kegiatan after school ini. Anak jadi bisa eksplore banyak hal selain kegiatannya di sekolah. Kalau di kampung biasanya diisi dengan sekolah agama jika masih sekolah SD.

    Dulu waktu sekolah aku juga punya kegiatan after school berupa ekskul. Senangnya punya banyak teman diluar dari kelas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di kampung, kedua anak saya juga kalo siang setelah pulang sekolah, sorenya ngaji dan madrasah. Jadi biar nambah ilmu dan wawasan

      Hapus
  2. Iyaa kak program after school bisa untuk liat bakat dan minat anak sebenernya di mana. Kalo anakku ikut ekstra kulikuler menggambar dan taekwondo.

    Pas bener dia butuh bimbel matematika jadi kudaftarkan di sinotif aja. Udah kelas 5 nih taun depan UAN. Butuh belajar i tensif lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah keren nih sudah ikutan program after school. Iya biar lebih berkembang skill dan hobinya sekaligus

      Hapus
  3. Sinotif ini bisa jadi pilihan belajar matematika yang asyik ya. Apalagi ada program after school

    BalasHapus
  4. Program yang bermanfaat ini buat anak-anak pasca mereka bersekolah. Jadinya bakal tercipta banyak kegiatan positif yang tentunya orangtua melihat ya apa yang diminati anaknya. Apalagi dalam hal ilmu eksakta nih, yang manfaatnya jangka panjang

    BalasHapus
  5. Setuju bgt kak. Sekolah jgn cmn bljr utk mencerdaskan otak doank. Tp psikomotorik hingga sosialnya hrs dilatih sehingga kemampuannya seimbang.

    Buat yg sering lemot soal eksakta, wajib bgt sih ikut bimbel matematika dr Sinotif ini. Cara ngajarnya beda dgn bimbel lain shg sang anak bakal menyukai hal2 eksakta. Jd matematika bkn pelajaran momok lagi buat para siswa.

    BalasHapus
  6. Program after school ini penting menurutku supaya anak-anak yang diarahkan pada kegiatan yang positif malah bisa membentuk anak jadi pribadi mandiri dan skill mereka pun terasah sedini mungkin ya. Apalagi sekarang sudah ada Sinotif

    BalasHapus
  7. after school tuh bermanfaat banget, tapi kadang suka kasihan sama anak zaman sekarang yang terlalu diforsir

    BalasHapus
  8. Di sini ada ngga yaa Sinotif? Kalau aku emang pengennya anakku nanti ada tambahan khusus untuk Matematika sama English, bagus lho inii.. otw nyari2 dlu

    BalasHapus
  9. pelajaran eksakta bisa dikatakan pelajaran yang membutuhkan konsentrasi hingga logika dalam pemecahan masalah, dan itu bisa jadi hal yang membosankan bagi anak. untung ada lembaga bimbingan belajar live interaktif Sinotif yang memberikan solusi belajar eksakta yang menyenangkan

    BalasHapus
  10. Kalo terarah kekgini appsti bikin anak mudah dan minat belajar sih ya. Sinotif juga mumpuni banget nih buat dukung aktivitas belajar anak.

    BalasHapus
  11. Sebenernya anak-anak itu seneng ya.. kalau memiliki banyak kemampuan. Sehingga Program After School akan memberikan pengalaman baru yang bisa dimanfaatkan untuk mendukung aktivitas sekolah yang mungkin selama ini cuma gitu gitu aja.

    BalasHapus
  12. Wah, bener banget nih! Program after school tuh kayaknya emang jadi pilihan yang oke buat anak-anak. Selain bisa tingkatin skill dan dukungan akademik, yang pasti program ini juga bantu banget bangunin kepercayaan diri anak. Jadi, semoga makin banyak yang sadar akan pentingnya nih kegiatan buat perkembangan anak-anak! 💪📚

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya program after school ini kan untuk menunjang pendidikan formalnya, jadi buat nambahin skill gitu

      Hapus