Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cari Tahu Yuk, Arti Warna Pada Helm Proyek

Mungkin semua orang sudah mengetahui apa fungsi helm proyek. Sama seperti fungsi pada helm pada umumnya, helm proyek berfungsi untuk melindungi kepala dari potensi cidera. Penggunaan helm proyek di lapangan mampu meminimalisir cidera yang lebih parah, jika tertimpa benda-benda berukuran kecil. Itulah mengapa siapapun yang melintas atau berada di dalam suatu proyek wajib untuk memakai helm sebagai pengaman.

Arti Warna Helm Proyek
Image : https://unplash.com/@mufidpwt

Helm atau safety helmet adalah bentuk perlindungan tubuh yang dipakai di kepala. Biasanya helm dibuat dari bahan metal atau bahan keras lainnya, seperti kevlar, serat resin atau plastik. Helm pada umumnya dipakai untuk melindungi kepala dari berbagai aktivitas pertempuran (militer) atau aktivitas sipil lainnya, mulai dari olahraga, pertambangan, proyek atau berkendara.

Helm proyek tidak hanya berfungsi untuk melindungi diri dari panas terik matahari saja, melainkan dari beberapa hal yang membahayakan lainnya, misalnya kebakaran kecil, uap panas, korosif hingga debu yang dihasilkan dari mesin-mesin besar.

Arti Warna Pada Helm Proyek

Mungkin kamu pernah memperhatikan beberapa pekerja tampak memakai helm proyek dengan warna yang berbeda-beda. Bukan tanpa alasan, warna helm proyek sendiri ternyata memiliki arti dan fungsinya masing-masing.

Seperti dilansir dari Pengenalan Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Candrianto, ST. M.Pd, helm proyek adalah salah satu dari APD (Alat Pelindung Diri) yang wajib dipakai ketika bekerja. Arti warna helm proyek memiliki peran yang berbeda, yaitu sebagai penanda atau identitas posisi atau jabatan orang yang memakainya.

Warna helm proyek biasanya memiliki warna yang mencolok, seperti warna kuning, oranye, hijau, merah, biru atau warna lainnya. Tujuannya agar pekerja dengan mudah terlihat ketika berada di area, sehingga mampu mencegah dan mengurangi risiko kecelakaan kerja.

Berikut adalah jenis dan arti warna helm proyek :

1. Kuning

Helm proyek berwarna kuning mengartikan sebagai pekerja umum atau subkontraktor. Warnanya yang mencolok ini, pekerja akan lebih mudah terlihat jika ada kendaraan-kendaraan yang berlalu lalang di area proyek, terutama kendaraan proyek berukuran besar.

2. Oranye

Pekerja yang memakai helm warna oranye ini merupakan tamu perusahaan yang ingin mengontrol atau memeriksa secara langsung proses pembangunan yang sedang berlangsung.

3. Cokelat

Pekerja yang memakai helm proyek berwarna cokelat adalah pekerja yang terlibat dalam pekerjaan yang berkaitan dengan panas, seperti pengelasan atau pekerja lainnya yang berhubungan langsung dengan panas tinggi.

4. Putih

Jika kamu melihat pekerja yang memakai helm proyek berwarna putih, biasanya digunakan khusus oleh orang-orang dengan jabatan tinggi di kawasan konstruksi atau proyek, misalnya manajer, insinyur atau mandor. Mereka pada umumnya memiliki tanggung jawab yang besar terhadap segala sesuatu terkait proyek.

5. Merah

Helm proyek warna merah identik dengan orang yang menduduki jabatan sebagai safety officer atau pengawaas sistem pengaman di suatu kawasan proyek.

6. Biru

Helm proyek berwarna biru biasanya digunakan oleh supervisor lapangan, pekerja yang berhubungan dengan kelistrikan, operator teknis atau pengawas di kawasan proyek atau konstruksi.

7. Hijau

Jika kamu melihat pekerja yang memakai helm proyek berwarna hijau, biasanya digunakan oleh orang-orang yang berhubungan dengan lingkungan, seperti peneliti lingkungan atau pengawas lingkungan pada area yang sedang dibangun.

Nah itu tadi arti warna pada helm proyek yang perlu kamu ketahui. Jadi, ketika kamu mendatangi suatu proyek atau konstruksi, kamu sudah bisa membedakan warna helm proyek yang digunakan oleh para pekerja.

Semoga bermanfaat.

2 komentar untuk "Cari Tahu Yuk, Arti Warna Pada Helm Proyek"

  1. Uwaaaah baru tahu ada artinya mas 😅😅. Kirain suka2 kontraktornya aja mau pake warna apa hahahaha. Berarti skr perhatiin warna helmnya, untuk tahu mereka pekerja, atau mandor atau ahli las dll yaa 👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang jadi tau ya dan bisa membedakan ketika melintas di suatu proyek, hehehe...

      Hapus