Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Apa Itu Teknologi Nirkabel WiFi Direct

Mengenal WiFi Direct

Pada artikel kali ini, saya ingin membahas seputar teknologi WiFi Direct. Awalnya saya pikir antara WiFi Direct dengan WiFi biasa adalah sama. Seperti koneksi WiFi pada umumnya. Namun dugaan saya keliru. Meski sama-sama WiFi, ternyata cara kerjanya berbeda. Nah, maka dari itu, bagi kamu yang belum paham betul apa itu WiFi Direct, yuk baca artikelnya hingga selesai ya guys, biar paham.

Pada umumnya, WiFi bisa dengan mudah diakses melalui suatu hotspot pada perangkat ponsel ataupun router WiFi. Koneksi WiFi biasa ditemukan pada fasilitas publik, seperti kampus, cafe, restoran dan berbagai tempat umum lainnya. Namun demikian, kamu harus tahu tips aman menggunakan WiFi gratisan.

Hampir semua perangkat, seperti ponsel dan laptop memiliki kemampuan menangkap jaringan WiFi. Jika pun tidak tersedia, masih bisa menggunakan perangkat tambahan, yakni WiFi adapter yang biasanya bentuknya mirip seperti flashdisk.

Mengenal Apa Itu WiFi Direct?

WiFi direct merupakan salah satu koneksi yang mampu menghubungkan dua perangkat berbeda untuk keperluan transfer data, mencetak dokumen dan beragam fungsi lainnya.

Seperti dikutip dari buku "Solusi Kesenjangan Informasi Digital di Daerah Rural" karangan Eko Sakti Pramukantoro, WiFi direct konsepnya mirip seperti wireless mesh

Wireless mesh network merupakan salah satu cara untuk memperluas jaringan komputer tanpa harus terbatas dengan jarak.

Perbedaan WiFi Direct dengan WiFi Biasa

Saat ini sudah banyak perangkat yang telah dilengkapi fitur WiFi direct. Seperti dikutip dari laman Android Sist, WiFi direct sudah kompatibel semenjak kemunculan Android 4.0. Samsung merupakan salah satu ponsel cerdas yang sudah mendukung teknologi ini.

Pengguna ponsel Samsung Android sudah bisa menerapkan fitur WiFi direct dengan baik, tanpa perlu aplikasi tambahan. Penggunaannya mirip seperti Bluetooth pada umumnya.

Berbeda dengan perangkat Apple, pengguna sudah bisa menggunakan fitur ini sejak iOS 7. Menurut laman Apple, contoh teknologi WiFi direct pada produknya adalah AirDrop dan AirPlay.

Berbeda dengan fungsi WiFi hotspot pada umumnya, cara kerja WiFi direct ini bisa dibilang mirip seperti Bluetooth, yaitu untuk mengirim file data antar perangkat yang satu dengan perangkat lainnya secara lebih cepat dan praktis tanpa menggunakan router.

Meski cara kerjanya mirip Bluetooth, tetapi jangkauan WiFi direct lebih luas dan lebih kuat pada perangkat yang tersambung. Nah, makanya bisa dibilang WiFi direct itu saingan berat dari teknologi Bluetooth.

Selain mampu mengirim data berukuran besar, WiFi direct bisa digunakan untuk mengakses dan bermain game online serta dihubungkan dengan berbagai perangkat pintar lainnya, seperti PC, Smart TV, printer dan bahkan juga kamera digital tanpa membutuhkan kabel.

Berkat fitur canggih tersebut, kamu bisa melihat tampilan layar ponsel kamu di Smart TV atau bisa juga dengan mudah langsung mencetak dokumen dari ponsel kamu ke printer hingga bermain video game.

Beberapa Manfaat WiFi Direct

Terkadang WiFi direct disebut juga WiFi P2P (Peer to Peer) yang sesuai dengan fungsinya untuk menghubungkan dua perangkat elektronik secara langsung. Adapun menurut laman MacSource, berikut beberapa manfaat WiFi direct pada suatu jaringan :

1. Mobilitas

Asyiknya menggunakan jaringan WiFi direct, perangkat yang terhubung bisa berpindah-pindah tanpa terikat pada satu titik tertentu saja. Hal ini akan memudahkan mobilitas seseorang, sehingga lebih leluasa.

2. Mudah digunakan

Konfigurasi yang digunakan pada WiFi direct tidak terlalu rumit, karena mekanismenya mirip seperti teknologi WiFi pada umumnya. 

3. Jalur komunikasi yang aman

WiFi direct dianggap cukup aman karena menggunakan WiFi Protected Setup. Teknologi ini menghubungkan perangkat ke jaringan wireless melalui PIN atau kata sandi.

Nah demikian artikel mengenai apa itu WiFi direct yang bisa saya bagikan. Pantau terus blog susahsinyal.con untuk mendapatkan info-info seputar teknologi.

Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Mengenal Apa Itu Teknologi Nirkabel WiFi Direct"