Mengenal Apa Itu Smart Home, Konsep Rumah Pintar Idaman Para Milenial - Susah Sinyal - Kumpulan Artikel Teknologi
iklan banner

Mengenal Apa Itu Smart Home, Konsep Rumah Pintar Idaman Para Milenial

Apa Itu Smart Home

Kehidupan kita pasti tidak luput dari yang namanya teknologi bukan? Mulai dari bangun tidur, hingga tidur lagi selalu bersinggungan dengan teknologi. Ini artinya kehadiran teknologi punya peranan yang cukup penting di dalam kehidupan kita sehari-hari. Teknologi juga membantu memudahkan pekerjaan kita loh.

Sebelumnya kita mengenal istilah ponsel pintar (smartphone) atau TV pintar (smart tv). Namun belakangan ini ramai istilah rumah pintar atau smart home. Penyebutan kata "pintar" di sini bukan tanpa alasan, karena memiliki fungsi yang dapat membantu memudahkan hidup kita. Namun di artikel ini, saya ingin mengulas mengenai konsep rumah pintar atau smart home.

Apa Itu Smart Home?

Lantas apa itu smart home? Smart home atau rumah pintar adalah tempat tinggal atau hunian yang dilengkapi dengan perangkat rumah tangga yang canggih dan dapat dikendalikan dari jarak jauh. Berkat konsep rumah pintar ini, pemilik rumah dapat mengontrol, mengawasi dan mengendalikan rumah dari jarak jauh hanya dengan menggunakan perangkat ponsel. 

Apa Itu Smart Home
Image : pixabay.com/geralt

Beragam peralatan rumah tangga yang bisa dikendalikan dari jarak jauh adalah smart TV, radio, komputer, kulkas, rice cooker, kamera pengawas (cctv), lampu, dispenser, AC, cermin, pagar rumah, pintu rumah, jendela rumah dan lainnya.

Sebenarnya konsep rumah pintar telah ada beberapa dekade. Hadirnya konsep rumah pintar, menyebabkan banyak peranti terbaru rumah pintar yang bermunculuan. Apalagi sejak kehadiran teknologi IoT (Internet of Things) semakin meningkatkan kemampuan smart home.

Manfaat Rumah Pintar

Keberadaan rumah pintar untuk membantu hidup kita menjadi lebih mudah dan praktis. Namun tidak hanya itu saja, ada banyak manfaat yang kita peroleh saat kita menerapkan rumah pintar untuk tempat tinggal kita. Apa sajakah itu? Simak ulasannya berikut ini :

1. Keamanan yang lebih baik

Rumah pintar memiliki value yang sangat tinggi, karena terjamin dari sisi keamanannya. Ada beberapa perangkat yang bisa digunakan untuk menjamin keamanan tersebut, mulai dari kamera pengawas pintar yang mampu mendeteksi gerakan dan mengirim peringatan, lalu kita juga bisa mengawasi dari jarak jauh saat ada orang yang membunyikan bel pintu rumah kita dan juga kita bisa memasang sensor otomatis untuk membuka pintu dan juga jendela dari jarak jauh.

2. Kenyamanan yang haqiqi

Kita bisa mengontrol rumah dari jarak jauh dengan menggunakan perangkat ponsel atau laptop, mulai dari mengunci akses rumah, menutup tirai otomatis hingga menyalakan dan mematikan peralatan rumah tangga, seperti lampu, AC, TV dan lainnya. Berkat canggihnya teknologi tersebut, kita bisa mendapatkan suasana yang nyaman untuk tempat tinggal kita.

3. Mendeteksi kerusakan pada rumah

Keunggulan konsep rumah pintar adalah mampu mendeteksi jika terjadi kerusakan pada tempat tinggal kita, misalnya saja seperti sensor yang mampu memperingatkan kebocoran pada gas maupun air, sehingga mampu meningkatkan keamanan bagi pemilik rumah, khususnya jika terjadi bencana lokal, seperti kebakaran atau air yang bocor memasuki ke dalam rumah.

4. Mampu menghemat energi dan biaya

Untuk penggunaan jangka panjang, rumah pintar sebenarnya mampu menghemat penggunaan energi dan biaya loh, karena kita bisa mengendalikan pemakaian peralatan rumah tangga sesuai kebutuhan, misalnya mematikan lampu jarak jauh saat rumah dalam keadaan kosong atau bisa mengatur suhu ruangan sesuai dengan jadwal.

Dengan demikian, pemakaian energi menjadi lebih efektif dan efisien, sehingga mampu menekan biaya pemakaian listrik.

5. Sebagai sarana hiburan

Manfaat rumah pintar yang terakhir adalah mampu memberikan hiburan bagi si pemilik rumah. Meski bukan termasuk hal yang esensial dari konsep rumah pintar, tapi alasan ini menjadi salah satu unsur yang mendorong orang-orang untuk menerapkan konsep rumah pintar. Pemilik rumah bisa memainkan lagu favoritnya dengan mengatur speaker di seluruh ruangan atau menyesuaikan pencahayaan saat ada pesta atau acara sesuai kebutuhan.

Membuat Konsep Smart Home Secara Mandiri

Pada dasarnya kita juga bisa loh membuat konsep smart home di tempat tinggal kita. Tidak perlu biaya yang terlalu mahal untuk mengubah menjadi rumah pintar, karena kita tidak perlu mengubah rumah menjadi high class seperti di film-film.

Cara sederhana yang bisa kita lakukan adalah dengan berlangganan internet di rumah, agar jaringan internet berjalan dengan lancar. Sebuah smart home sangat membutuhkan akses internet, agar bisa bekerja.

Selanjutnya ganti sebagian saklar di rumah dengan saklar pintar untuk menjadi sarana penghubung pada perangkat elektronik di rumah. Kalian juga bisa menambahkan kamera pengawas dengan harga yang terjangkau. 

Untuk menjaga keamanan akses ke rumah, kalian bisa mengganti door handle atau gagang pintu dengan smart handle door. Atau memasang sensor di jendela dan pintu rumah.

Cara Kerja Smart Home

Bagaimana cara kerja sebuah smart home? Sebenarnya cara kerjanya juga cukup simpel, hanya melalui sebuah transmitter yang menjadi pusat kendalinya. Dengan menggunakan transmitter tersebut, semua jenis peralatan elektronik canggih bisa dikendalikan, karena setiap alat elektronik dilengkapi dengan chip khusus sebagai sensor yang nantinya dikendalikan dengan remote digital.

Konsep Rumah Pintar
Image : pixabay.com/geralt

Remote tersebut bisa disinkronkan dengan perangkat ponsel atau laptop. Dengan demikian, kita bisa mengawasi dan melakukan pengaturan dengan lebih mudah. 

Saat ini, harga perangkat pendukung juga sudah lebih terjangkau, karena cukup banyak produsen yang menyediakan produk dengan harga yang relatif terjangkau dan berkualitas baik.

Previous
Next Post »

24 komentar

  1. lengkap ini bang infonya, dulu sempat jual-jualin smart home untuk wilayah pekanbaru hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus lengkap lah Pak, biar pembaca mendapatkan informasi yang lebih detail, hehehe...

      Hapus
  2. Sempat kepikiran pengen juga bikin smart home gini di rumah. Apalagi sejak tau di rumah saudaraku ada yang sudah pakai ini. Jadi, pas pergi dari luar kota selama beberapa hari. Pas pulang kan kita sering ingin langsung bersih-bersih dan tidur. Nah, sama saudaraku ini AC di kamarnya langsung dinyalain pas kita masih di jalan. Keren banget kataku waktu itu, soalnya pas sampe rumahnya. Udah aja tinggal mandi dan kamar udah dalam keadaan dingin dan bikin makin ngantuk. Engga perlu nunggu lagi gitu. Juga asiknya kalau pergi terus lupa nyalain lampu, udah tinggal nyalain aja dari handphone. Canggih banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang enak banget, memudahkan hidup kita. Selain itu juga bisa bikin hemat biaya listrik.

      Hapus
  3. Wow keren banget konsep Smart Home. Bisa matikan lampu jarak jauh pulak ya. Mantaap sekali.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantap tenan Kak. Ayo segera wujudkan konsep smart home Kak

      Hapus
  4. Keren ya kalo punya smart home gini. Kita kaya bawa rumah ke mana2 dalam hp kita, karena semua sistem ( keamanan dan kemanfaatan) bisa dilakukan dengan mudah. Smart idea ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yoyoi, keren sangat Kak. Ayo segera wujudkan Kak

      Hapus
  5. Selalu kagum sama konsep rumah pintar aku kak, dulu rasanya jauhh dari jangkauan.. Eh sekarang mulai bisa dinikmati dengan harga terjangkau yah hehe ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang sudah bisa dinikmati dengan harga yang terjangkau kok Kak....

      Hapus
  6. Konsep rumah pintar ini biasanya aku nikmati di Drakor mas.. hihihi
    Auto mupeng ya kan kalo rumah kita dilengkapi dengan fitur smart home. Terbebas dari kemalingan juga nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah kan, drakor lagi yang sudah banyak menerapkan konsep smart home, hehehe

      Hapus
  7. Smart Home gini aku jadi ingat apartemen nya Han Ji Pyong di drakor start up haha, duh mau atuu lah smart home nyaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha, udah banyak yang komen, kalau di drakor sudah banyak yang menerapkan konsep smart home.

      Hapus
  8. Dulu kayaknya kalau lihat film di TV, ada perangkat-perangkat di rumah yang bisa dikendalikan dari jarak jauh, bahkan dari luar rumah, itu keren banget.

    Dan sekarang, dengan kemajuan teknologi IoT, kita pun bisa memiliki rumah pintar kayak gitu ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Teknologi semakin berkembang dengan pesat, sehingga konsep smart home bukan lagi sekedar impian saja, tapi sudah menjadi kenyataan di depan mata...

      Hapus
  9. Smart home, rumah pintar, bukan hanya penuh teknologi tapi juga rumah yang ramah lingkungan. Bagus nih konse smart home

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup that's right, Pak Cikgu mau nerapin konsep smart home juga kah? Silakan langsung saja Pak...

      Hapus
  10. Waaahhh.. smart Home ini emang bnar-benar smart ya. :) Bisa ngatur-nagtur rumah dari jarajk jauh. Noted dulu, buat diapliaksiakn kalau sudah ada rumah sendiri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya namanya juga Smart Home ya Kak, pasti banyak kelebihan dan keunggulannya..

      Hapus
  11. Wah, keren sekali. Smart Home juga memiliki manfaat yang beragam ya. Jadi pengen punya rumah seperti itu. Tapi kayaknya nabung dulu, hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tetep harus nabung dulu, meski saat ini harga peralatan rumah tangga untuk smart home relatif terjangkau.

      Hapus
  12. sejak dulu saya sudah mengidam-idamkan teknologi seperti ini, sejak kuliah.
    Sekarang saya mewujudkannya baru mulai sih, dimulai dengan remote IR control sehingga semua peralatan elektronik saya kendalikan lewat handphone.

    Lalu CCTV juga, bisa kontrol dari mana pun pakai smartphone. Rencananya mau pakai smart door, google home dan saklar lampu wifi.

    Tapi kendalanya di pemasangan, masih sedikit yang mengerti dan jasanya sangat mahal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pelan-pelan aja untuk mewujudkannya Mas Frans, semoga segera terwujud untuk bisa punya smart home

      Hapus


EmoticonEmoticon