Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mau Beli Smartphone Idaman? Cek Dulu di Pricebook Editorial Choice 2021

Pricebook Editorial Choice 2021

Bagi kamu yang saat ini sedang berburu smartphone baru dengan fitur yang lebih keren dan spesifikasi mumpuni, kamu bisa mencari infonya di Pricebook Editorial Choice 2021. Pasalnya di sini, kamu bisa menemukan referensi lengkap berbagai smartphone pilihan, mulai dari harga, merek hingga spesifikasinya.

Mencari smartphone yang sesuai dengan kebutuhan bisa dibilang susah-susah gampang. Apalagi saat ini ada banyak sekali tipe smartphone yang beredar di pasaran, mulai dari smartphone kelas entri hingga smartphone gaming. Jika kamu sampai salah pilih smartphone, bisa saja kamu akan kecewa, karena tidak sesuai dengan ekspektasi.

Terutama bagi kamu yang tidak mengerti dengan spesifikasi smartphone yang ingin kamu beli. Nah melalui Pricebook Editorial Choice 2021 ini, kamu jadi lebih mudah untuk memilih smartphone idamanmu. 

Apa Itu Pricebook?

Agar tidak salah memilih smartphone, kamu bisa mengeceknya langsung di website Pricebook. Pricebook adalah situs perbandingan harga gadget terakurat dan terbaik di Indonesia. 

Kini kamu tidak perlu repot membuka banyak website toko online untuk membandingkan harga produk. Cukup hanya lewat website Pricebook saja, karena semua perbandingan harga produk telah tersaji dengan lengkap. 

Best Value Brand

Melalui Pricebook kamu bisa mencari harga berbagai produk gadget, lengkap dengan spesifikasinya. Apalagi saat ini Pricebook telah terintegrasi dengan lebih dari 10 ribu toko.

Sebagai website yang mengutamakan price to quality brand, Pricebook selalu memberikan filter perbandingan harga produk yang detail, misalnya mulai dari berapa besar RAM pada sebuah smartphone atau berapa megapiksel kualitas gambar yang dihasilkan oleh sebuah kamera.

Tidak hanya smartphone saja, Pricebook juga merekomendasikan produk gadget lainnya, mulai dari laptop, smart TV, kamera, produk smart home dan lain sebagainya.

Pricebook Editorial Choice 2021

Biasanya, sebelum berburu gadget impian, pastinya kamu akan mencari referensi dan membaca ulasannya secara detail di internet bukan? Setelah itu, kamu juga akan membandingkan produk yang satu dengan produk yang lainnya, mulai dari merek, spesifikasi, harga dan lain sebagainya.

Hal ini tentu saja penting dilakukan agar kita tahu produk mana yang tepat. Kita juga jadi tahu produk mana yang sesuai dengan bujet. Sehingga kita akan mendapatkan produk yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan kita.

Melalui Pricebook Editorial Choice 2021, kamu bisa mencari dan membaca ulasan lengkap seputar produk gadget-gadget pilihan berdasarkan beberapa kategori, mulai dari Best Value Smartphone, Best Value Wearable Device, Best Value Laptop, Best Value Smart TV Brand dan Best Value Brand.

Best Value Laptop

Tidak disangka, jawara Best Value Laptop diraih oleh RedmiBook 15. Laptop murah terbaik ini dibanderol sekitar 6 jutaan dengan spesifikasi yang andal versi Pricebook.

Bentang ayar RedmiBook 15 seluas 15,6 inci FHD dan telah dibekali dengan DC Dimming yang flicker-free, di mana pengguna akan merasa tetap nyamana aat menatap layar laptop seharian.

Beralih ke performa, RedmiBook 15 telah mengusung prosesor intel gen-11. Urusan memori dibenamkan SSD 256 GB dengan paduan RAM 8 GB. 

Fitur lainnya yang keren adalah keberadaan webcam beresolusi 720 HD, dual speaker stereo 2 watt yang terdengar jernih dan jelas serta dukungan bateri hemat yang mampu digunakan selama 8 jam.

Best Value Laptop

Bagi seorang konten kreator, kamu perlu banget memilih laptop yang termasuk ke kategori Best Value Laptop. Kabarnya, kategori telah dirilis dari Januari hingga Oktober 2021 lalu. 

Pada kategori ini, kamu bisa memilih laptop dengan spesifikasi terbaik serta dilengakpi fitur yang bisa diandalkan untuk bekerja, belajar hingga membuat konten. Ucapkan selamat tinggal pada laptop lemot!

Kategori Brand

Khusus untuk kategori Best Brand, kategori ini dipilih berdasarkan brand terbaik di industri terkait, mulai dari Best Value Smart TV, Best IoT, Best Value ISP, Best Smart Home, Price to Quality Brand hingga Affordable Data Package.

Best value smart tv brand : TCL

Best Value Smart TV Brand

Kategori Best Value Smart TV Brand kali ini jatuh ke smart tv merek TCL. Sejak 2008 silam, TCL telah memproduksi berbagai kebutuhan mulai dari jenis digital TV, ATV, HDTV, FHD TC, Android TV, 4K UHD TV, hingga 8K QLED TV.

Melalui kategori Best Value Smart TV Brand, kamu bisa memilih salah satu smart TV terbaik dengan harga yang relatif terjangkau. Apalagi ke depannya nanti, tayangan tv analog akan segera digantikan menjadi tv digital.

Price to quality brand : Realme

Sepanjang tahun 2021, brand realmi sangat aktif merilis  perangkat smartphone dan produk-produk IoT di Indonesia. Selain smartphone, Realme juga memproduksi perangkat TWS yang telah dibekali dengan sertifikasi IPX5 yang tahan terhadap cipratan air, hujan dan keringat.

Best IoT Brand : Samsung

Brand Samsung memang dikenal sangat produktif mengeluarkan produk-produk digital yang andal, mulai dari smartphone, jam tangan pintar, kamera, TV dan berbagai peralatan rumah pintar lainnya.

Melalui teknologi yang bernama Samsung SmartThings, pengguna dapat dengan mudah melakukan sinkronisasi antar device, sehingga mampu mengakomodasi kinerja setiap device dalam satu aplikasi.

Tidak hanya untuk produk high-end saja, Samsung SmartThings juga diaplikasikan pada perangkat entry level dan mid-end. Salah satunya adalah Samsung Galaxy A32 yang dibanderol 3 jutaan ini telah mengusung IoT dan juga SmartThings.

Affordable Data Package : Tri

3 memiliki paket data yang sangat beragam, dengan harga yang relatif terjangkau. Mulai dari paket data rguler hingga paket data gaming serta paket data media sosial. Atas dasar kelebihan inilah, 3 digadang sebagai penerima award Pricebook Editorial Choice 2021.

Smart Home Solution : Bardi

Produk smart home yang jadi jawara kali ini adalah Bardi, yang memang sangat aktif memproduksi produk-produk penunjang rumah pintar. Apalagi produk Bardi bisa diintergasikan dengan mudah melalui Alexa, Siri, Google Home dan SmartThings.

Best Value Wearable Device

Best Value Smartwatch : realme Watch 2 Pro

realme Watch 2 Pro telah dibekali dengan berbagai fitur kekinian, mulai dari 90 mode olahraga, monitor oksigen darah dan detak jantung. Selain itu juga dilengkapi dengan baterai berkapasitas besar yang mampu bertahan hingga 14 hari. 

Best Value TW : realme Buds Air 2

Bagi yang hobi mendengarkan musik, realme Buds Air 2 ini dilengkapi dengan fitur Bass Boost+ serta fitur Active Noise Cancelling (ANC) dan Dual Mic Noise Cancellation.

Best Value Smartband : Mi Smart Band 6

Mi Smart Band 6 ini dilengkapi dengan berbagai fitur menarik untuk menemani aktivitasmu. Tersedia pilihan 30 mode olahraga yang akan membantu pengguna untuk hidup sehat.

Best Value Smartphone

FYI, ada yang berbeda dengan pasar smartphone di tahun 2021. Hal ini tentu saja terkait dengan pandemi, di mana isu kelangkaan komponen menjadi topik yang hangat diperbincangkan menjelang akhir tahun. 

Kejadian ini tentu saja berdampak pada sejumlah sektor. Misalnya saja terjadi pengurangan pengiriman smartphone secara global. 

Seperti dikutip dari sebuah laporan lembaga survey Counterpoint, bahwa pasar smartphone skala global telah mencatat terjadi penurunan pengiriman dari 365,5 juta di kuartal tiga tahun 2020 menjadi 324 juta unit di kuartal tiga tahun 2021. 

Di Indonesia sendiri pengiriman smartphone menurun ke angka 6 persen YoY pada kuartal tiga tahun 2021.

Best Value Smartphone

Seperti tahun-tahun sebelumnya, dalam rangka Pricebook Editorial Choice, team Pricebook telah memilih beberapa produk terbaik yang berdasarkan beberapa kategori, seperti Best Value Wearable Device, Best Value Laptop, Best Value Smart TV Brand, Best Value Brand hingga Best Value Smartphone.

Berikut Susahsinyal.com sajikan beberapa produk smartphone yang masuk dalam kategori Best Value Smartphone versi Pricebook di tahun 2021 :

1. Best value 1 jutaan terbaik 2021 : POCO M3

Best Value Smartphone

Untuk rentang harga 1 jutaan, pilihan best value smartphone jatuh ke POCO M3 yang dilengkapi dengan dapur pacu andal prosesor snapdragon 662 yang dipadukan dengan kapasitas RAM 4 GB dan ROM 64 GB. Fitur keren lainnya yang disematkan adalah layar beresolusi Full HD+ dan telah dilindungi Gorilla Glass. 

2. Best value 2 jutaan terbaik 2021 : Infinix Note 10 Pro NFC

Pricebook menobatkan Infinix Note 10 Pro NFC sebagai smartphone best value di rentang 2 jutaan. Pasalnya fitur yang diusung smartphone ini cukup mumpuni. Sebut saja prosesornya ditenagai dengan chipset dari Mediatek G95 yang andal untuk mengeksekusi banyak aktivitas, termasuk untuk ponsel gaming.

Best Value Smartphone

Dari sisi resolusi layar smartphone, Infinix Note 10 Pro NFC memiliki luas layar 6,95 inci dengan resolusi Full HD+ dan telah didukung refresh rate 90Hz. Beralih ke sisi fotografi, smartphone ini telah dibenamkan kamera utama beresolusi 64 MP, kamera ultrawide 8 MP, kamera Depth 2 MP dan kamera mono 2 MP.

Urusan kapasitas baterai sebesar 5000 mAh yang telah didukung pengisian cepat 33W. Fitur keren lainnya adalah fitur NFC yang memudahkan pengguna untuk mengecek dan mengisi saldo e-money.

3. Best value 3 jutaan terbaik 2021 : POCO X3 Pro

Bagi kamu yang punya bujet cukup, POCO X3 Pro rupanya memiliki spesifikasi yang jauh lebih baik. Dengan rentang harga 3 jutaan, POCO X3 Pro telah dibekali dengan layar kualitas IPS berukuran 6,67 inci, lengkap dengan refresh rate tinggi hingga 120Hz dan dukungan teknologi HDR10.

Best Value Smartphone

Beralih ke sektor fotografi, smartphone ini telah dilengkapi dengan kamera utama beresolusi mencapai 20 MP. Sementara kamera memiliki resolusi mulai dari 48 MP, 8 MP, 2 MP dan 2 MP.

Beralih ke sektor dapur pacu, POCO X3 Pro telah dilengkapi dengan prosesor yang andal dari Snapdragon 860. Memorinya cukup mumpuni, yakni RAM 6 GB dan 128 GB serta RAM 8 GB dan ROM 256 GB. Kapasitas baterainya mencapai 5160 mAh dengan dukungan fast charging 33W.

4. Best value high performance : Xiaomi 11T

Kategori ini merupakan smartphone yang memiliki performa tinggi di kelasnya. Pilihannya jatuh ke Xiaomi 11T yang dibanderol 5 jutaan dan dilengkapi dengan spesifikasi mumpuni yang setara dengan smartphone flagship.

Prosesornya ditenagai chipset MediaTek Dimensity 1200-Ultra, termasuk chipset flagship yang dibuat dengan arsitektur 6nm, clock speed hingga 3 GHz. Menghasilkan performa stabil yang telah mendukung teknologi 5G.

Best Value Smartphone

Beralih ke bagian penyimpanan, Xiaomi 11T telah dibekali dengan memori internal sebesar 256 GB serta dukungan RAM 8 GB. Baterinya sebesar 5000 mAh dengan fitur fast charging 67W yang mampu mengisi baterai hingga 100 persen dalam waktu 36 menit saja.

Untuk kamera utama telah mengusung fitur pro-grade 108 MP yang didukung kamera ultra-wide 8 MP dan kamera tele macro 5 MP. Kamera Xiaomi 11T dioptimalisasi dengan teknologi 9-in-1 pixel binning dan fitur Dual Native ISO, perekaman video "One-click AI Cinema" yang dapat digunakan dengan efek unik seperti Time Freeze, Freeze Frame, Telemacro Video, Magiz Zoom, Parallel World, Night-time Lapse dan Slow Shutter.

Bagian layarnya telah dibekali dengan panel AdaptiveSync AMOLED berukuran 6,67 inci dengan resolusi FHD+. Layarnya telah mendukung refresh rate 120Hz, kecerahan 1000 nits, rasio kontras 5000000:1 serta dukungan HDR10+. Layarnya juga telah diproteksi dengan pelindung layar terbaik saat ini, Corning Gorilla Glass Victus.

Sebagai aksesoris pelengkap smartphone yang telah kamu beli, kamu bisa mempertimbangkan untuk membeli headset Bluetooth agar kualitas audio menjadi lebih menggelegar, terutama saat kamu menonton film atau bermain game di smartphone kesayanganmu yang baru.

Konklusi

Itulah daftar smartphone penerima award Pricebook Editorial Choice 2021. Semoga bisa menjadi pertimbangan bagi kamu yang memang sedang mencari smartphone baru dan keren di akhir tahun.

Last but not least, selain menyajikan panduan pembelian hingga rekomendasi toko atau lokasi pembelian terbaik, mulai dari online atau offline, Pricebook juga menyediakan berbagai artikel pilihan, mulai dari artikel ulasan lengkap seputar gadget hingga tips dan trik. 

Tunggu kejutan gadget-gadget pilihan di Pricebook Editorial Choice selanjutnya! Terima kasih telah membaca artikel ini dan semoga bermanfaat.

50 komentar untuk "Mau Beli Smartphone Idaman? Cek Dulu di Pricebook Editorial Choice 2021"

  1. Waah, lewat Pricebook kita jd lebih mudah mencari informasi tentang gadget yg mau dibeli biar gak salah. Terutama masalah harganya, jgn sampai terjebak dgn harga gadget yg mahal tp kualitas buruk. Lewat Pricebook lebih nyaman Untuk perbandingan harga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pastinya dong Mas. Setidaknya kita punya patokan harga sekaligus spesifikasinya, jadi nggak terlalu bikin bingung saat akan beli smartphone. Nah biasanya banyak orang mengunjungi situs Pricebook, untuk melihat perbandingan harga produk gadget, salah satunya produk smartphone....

      Hapus
  2. Pricebook Editorial Choice tahun ini kategorinya beragam. Makin menarik dan bikin kita lebih gampang memilih gadget idaman, tentunya sesuai budget dan kebutuhan. Xiaomi menang banyak nih😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Mas, makin gampang aja memilih gadget idaman nih. Apalagi ini pilihannya para jawara semua, jadi bingung milihnya. Bukan karena kebanyakan gadget, tapi karena lagi nggak pegang uang buat belinya, huaaaaaaaaaa

      Hapus
  3. Wah sebagai pengguna Realme daku sesuatu banget nih brand keren ini untuk kategori Price to quality brand.
    Memang mantul sih ini best best nya Pricebook.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pastinya udah melalui pertimbangan yang matang dalam memilih gadget pilihan di Pricebook...

      Hapus
  4. Emang sih, perlu banget ngecek harga dulu. Karena salah satu pertimbanganku beli gadget, adalah harga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perlu banget buat ngecek harga lewat Pricebook, biar bisa dapetin harga yang lebih akurat...

      Hapus
  5. Redmibook udah jadi idaman, bahkan udah mau beli eh malah kecantol merek lain, eh ternyata best value juga ya.. tahun depan launching series terbaru apa nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah loh, udah terlanjur beli brand lain dong Mba.. Kita tunggu saja kejutan Pricebook Editorial Choice di tahun berikutnya Mba Sari..

      Hapus
  6. inget banget dulu kalau mau cari gadget ya cek harga dulu di google. selalu ada pricebook di halaman satu, jadi gampang juga untuk membandingkan harga plus cari tokonya yang available

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya memang lewat Google, tapi sekarang udah ada Pricebook, jadi lebih mudah buat ngecek harga gadget secara akurat...

      Hapus
  7. Wah...informatif sekali ini.
    Biasanya aku juga memilih gadget berdasarkan testimoni dan sering melihat video peerbandingan gitu. Sehingga kebayang gadget yang akan aku pakai bagaimana.

    Salut banget sama Xiaomi 11T yang memenangkan kategori Best value high performance. Menjadi brand pilihan nih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perlu banget memang untuk melihat harga dan juga spesifikasi gadget impian, biar kita bisa beli sesuai dengan kebutuhan dan sesuai bujet pastinya...

      Hapus
  8. Entah bangga apa gimana karena merk hapeku ada di sana wkwkwk. Cuman memang untuk orang yang ngga branded minded, merk China ini udah cukup lebih dari cukup malahan ya untuk nangkring sebagai pilihan pricebook, harganya worth it dengan speknya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keren dong hapenya bisa masuk ke dalam jawara di Pricebook Editorial Choice 2021... Congratulation ya...

      Hapus
  9. enak banget yaa udh ada wrap up editorial choice dari Pricebook buat beragam gadget, jadi ga perlu pusing deh kalau mau cari2 laptop, hp, smartwach dll

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mba Wulan, jadi nggak perlu bingung pilih gadget lagi deh. Semuanya lengkap tersaji di Pricebook...

      Hapus
  10. Banyak pilihan gadget yg menarik nih, Redmi dan realme bersaing ketat ya, jadi pengen punya juga TWS realme biar lebih kekinian :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo kalo udah ada rezekinya, bisalah beli TWS realmi, hehehe...

      Hapus
  11. Kalo mau beli hape bisa cek pricebook dulu ya, duh ngeces sama xiaomi 11T ya, speknya mumpuni nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama dong, mupeng banget dengan Xiaomi 11T. Keren bisa nangkring jawara di Pricebook Editorial Choice 2021...

      Hapus
  12. Beruntung banget sekarang nggak perlu berlama-lama lagi scroll di market place untuk menentukan gadget yang diinginkan sesuai dengan budget. Tinggal ikuti saja rekomendasi dari pricebook. Ya kan. Simpel.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak perlu repot buka website marketplace lagi Mas, bisa langsung aja kunjungi website Pricebook biar dapetin info yang lebih lengkap...

      Hapus
  13. TV merk TCL emang bagus nih. Jadi pengen punya smart tv juga nih di rumah. Haa, gara-gara pricebook nih aku jadi tahu barang bagus. Ahahha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi bisa menambah wawasan seputar gadget ya lewat Pricebook...

      Hapus
  14. waah pas banget aku mampir ke postingan ini
    aq juga lagi cari smartphone terjangkau untuk kebutuhan sekolah anak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga bermanfaat ya dan semoga bisa ketemu gadget yang dicarinya Mba Dian...

      Hapus
  15. ini sih wajib disimak nih pricebook editorial choice 2021, biar ada rekomendasi untuk nyari gadget terbaik di tahun ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagi penggemar gadget, perlu nyimak juga dong, siapa tau ada gadget yang lagi di incar bisa nangkring di Pricebook Editorial Choice 2021...

      Hapus
  16. Pricebook ini lengkap banget ya, segala jenis smartphone ada bahkan smart tv pun juga bisa kita cek disini dulu yaa sebelum membeli.
    pas banget nih, TV di rumah emang minta diupgrade, mana udah mau harus pindah ke tv digital juga kan ya siarannya nanti.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beberapa kategori gadget yang dipilih memang banyak dibutuhkan oleh masyarakat. Makanya di Pricebook cukup lengkap kategorinya, biar masyarakat jadi lebih mudah milih produk mana yang sesuai dengan kebutuhan...

      Hapus
  17. Aku menjadi yakin gimana gitu ingin ambil infinix setelah rekomendasi pricebook editorial choice 2021 ini keluar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Langsung gaskeun bae Mba, biar nggak jadi penasaran lagi dengan produk Infinix...

      Hapus
  18. kayanya brand Xiaomi jawaranya ya. harga smartphone sejutaannya juga bagus speknya, gak kaleng-kaleng. worth to buy ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya punya hape Xiaomi. Produknya oke juga kok. Lumayan bagus. Makanya nggak heran jika ada produk Xiaomi yang bisa jadi jawara di Pricebook Editorial Choice 2021..

      Hapus
  19. Aku di rumah punya lampu Bardi sebiji, enak banget bisa diatur atur sesuka kita, mau terang, gelap atau warna warni. Pengen beli lagi buat kamarnya anak anak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Langsung aje beli, nggak usah ragu. Saya udah punya beberapa produk Bardi, seperti smart bulb, smart remote, smart camera dan lampu panjang... Keren sih

      Hapus
  20. Pricebook sangat membantu siapapun yang ingin mengetahui lebih detail perkembangan barang elektronik, salah satunya mengenai harga dan spesifikasi gadget. Jadi bagi yang ingin membeli gadget sebaiknya cek di pricebook dulu, agar tidak kebingungan mengenai harga maupun spesifikasi. Jadi belinya betul-betul sesuai dengan kebutuhan dan kondisi keuangan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Pricebook ngebantu banget calon konsumen yang bingung memilih gadget. Jadi bisa beli gadget sesuai dengan kebutuhan dan bujet...

      Hapus
  21. Jadi sekarang gk perlu pusing ;agi cari rekomendasi kesana kemari dalam memilih gadget ya kak. Lengkap juga sepertinya. Wajib dicoba nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silakan dicoba Mba. Cukup lengkap kok. Siapa tau ada gadget incaran yang nangkring di Pricebook Editorial Choice...

      Hapus
  22. Wah, 3 menang ya. Aku dulu pernah pake, pulsanya gak abis abis. Haha. Bagus sihh, temen temen aku juga banyak yang pakai. Sayangnya dulu pas pindah ke daerah kendala sinyal. Sekarang kayaknya udah makin kece yaa. Mantapp.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah itu salah satu keunggulannya, pulsanya awet juga, makanya banyak yang make. Hingga dipilih team Pricebook sebagai jawara di Pricebook Editorial Choice 2021

      Hapus
  23. Baru tahu ada redmibook
    Kukira cuma handphone doang produknya

    Mana fitur nya lengkap ya. RAM 8 GB, webcam beresolusi 720 HD, dual speaker stereo 2 watt

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makanya nggak heran jika redmibook bisa jadi jawara di Pricebook Editorial Choice 2021. Semoga bermanfaat...

      Hapus
  24. aku belum jadi-jadi beli smartband ataupun smartwatch. masih bingung mau beli apa tapi miband ini memang menjanjikan ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga setelah membaca postingan ini, Mba Mutia nggak bingung lagi ya. Apalagi setelah mengunjungi situs Pricebook. Semoga artikel ini bisa bermanfaat ya...

      Hapus
  25. Semua merk yang dipilih Pricebook bener-bener kece sih. Memang terbaik di kelasnya ya, harganya juga terjangkau. Cucok banget buat emak2 irit.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pastinya team sangat selektif dan punya penilaian sendiri sebelum memilih gadget unggulan. Silakan pilih langsung Mba Marita, saat momen tahun baru sepertinya cocok beli gadget baru, hehehe...

      Hapus