Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Koneksi Internet yang Cocok untuk Bermain Game Online

Koneksi Internet yang Cocok untuk Bermain Game Online

Bermain game online membutuhkan koneksi internet yang optimal agar bisa menikmati pengalaman bermain yang lebih baik. Maka dari itu, dibutuhkan kualitas koneksi internet terbaik yang harus dipenuhi agar tidak mengalami lag atau delay ketika sedang bermaing game.

Kriteria Koneksi Internet yang Cocok untuk Gaming

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih koneksi internet untuk gaming adalah kecepatan download, kecepatan upload, stabilitas koneksi, latency/ping dan kualitas jaringan Wi-Fi.

Kecepatan download mengacu pada kecepatan unduh data dari internet ke perangkat yang digunakan. Semakin besar ukuran file, maka semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk mengunduhnya. Maka dari itu, dibutuhkan kecepatan download yang tinggi agar bisa mengunduh data dengan lancar dan cepat. Kecepatan unduh minimal yang direkomendasikan untuk bermain game online adalah 3 Mbps.

Kecepatan upload mengacu pada kecepatan unggah data dari perangkat ke internet. Kecepatan unggah yang rendah bisa memperlambat respon yang ditunjukkan oleh karakter dalam game.

Bermain Game Online

Stabilitas koneksi sangat penting dalam gaming. koneksi yang tidak stabil bisa menyebabkan terputusnya game atau munculnya lag dan delay. Koneksi yang stabil harus memiliki ping yang rendah dan jitter yang minimal.

Latency/ping merupakan waktu respon yang dibutuhkan antara aksi yang dilakukan dalam game dengan tampilannya di layar. Semakin rendah latency/ping, maka semakin cepat juga waktu responnya. Ping yang dianggap baik untuk gaming adalah di bawah 100 ms.

Kualitas jaringan Wi-Fi yang baik juga sangat penting dalam gaming. Hal ini senada dengan artikel dari situs tekno. Jika jaringan Wi-Fi tidak stabil, maka koneksi interneet juga tidak akan stabil. Maka dari itu, pastikan router Wi-Fi yang digunakan berkualitas dan terhubung dengan benar ke perangkat.

Jenis-jenis Koneksi Internet yang Cocok untuk Gaming

Terdapat beberapa jenis koneksi internet yang bisa digunakan untuk gaming, mulai dari fiber optik, kabel koaksial, satelit dan 5G. Setiap jenis koneksi internet memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Fiber optik adalah jenis koneksi internet yang paling baik untuk gaming. Fiber optik memiliki kecepatan yang sangat tinggi dan latency yang rendah, sehingga memberikan pengalaman bermain game yang lebih lancar.

Kabel koaksial juga merupakan jenis koneksi internet yang baik untuk gaming. Kabel ini biasanya digunakan oleh penyedia layanan kabel TV dan internet. Kecepatan kabel koaksial sangat bergantung pada jarak dan kualitas kabelnya.

Satelit merupakan jenis koneksi internet yang paling lambat dan paling tidak stabil, karena sinyal internet harus dikirimkan ke satelit yang berada di ruang angkasa dan lalu diteruskan ke perangkat. Namun satelit tetap menjadi alternatif bagi mereka yang tinggal di daerah terpencil yang sulit dijangkau oleh koneksi internet lainnya.

Wireless atau Wi-Fi bisa menjadi pilihan jika ingin menggunakan koneksi internet tanpa menggunakan kabel. Namun, koneksi Wi-Fi masih rentan terhadap interfensi dan jarak yang terlalu jauh dari router akan membuat sinyal Wi-Fi lemah.

5G adalah teknologi terbaru untuk koneksi internet nirkabel. Teknologi ini menawarkan kecepatan yang sangat tinggi dan latency yang rendah, sehingga sangat cocok untuk gaming. Namun, belum semua wilayah di Indonesia mendapatkan sinyal 5G.

Cara Meningkatkan Koneksi Internet untuk Gaming

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan koneksi internet untuk gaming, seperti menggunakan kabel LAN atau Ethernet, menggunakan router yang berkualitas, mengatur konfigurasi jaringan dan mematikan aplikasi yang menggunakan bandwith besar.

Menggunakan kabel LAN atau Ethernet bisa membantu meningkatkan koneksi internet untuk gaming, karena kabel LAN atau Ethernet memiliki kecepatan yang lebih stabil dibandingkan dengan Wi-Fi. Dengan menggunakan kabel, maka sinyal internet langsung terhubung ke perangkat tanpa harus melewati jaringan Wi-Fi.

Router Wi-Fi

Menggunakan router yang berkualitas juga bisa membantu meningkatkan koneksi internet untuk gaming. Router yang baik akan memberikan sinyal Wi-Fi yang lebih stabil dan ampuh dalam menangkap sinyal internet.

Mengatur konfigurasi jaringan bisa membantu meningkatkan koneksi internet untuk gaming. Beberapa hal yang bisa dilakukan, seperti mengatur frekuensi Wi-Fi, menyalakan QoS (Quality of Service) pada router dan memilih channel Wi-Fi yang paling sedikit digunakan oleh perangkat lainnya di area tersebut.

Mematikan aplikasi yang menggunakan bandwith besar, seperti steraming video atau download file besar juga bisa membantu meningkatkan koneksi internet untuk gaming. Hal ini karena aplikasi tersebut bisa memakan bandwith yang seharusnya digunakan untuk game online.

Internet Gaming IndiHome

Bagi gamer yang ingin mendapatkan koneksi internet yang lebih optimal untuk gaming, IndiHome menawarkan paket layanan internet IndiHome Game dengan kecepatan hingga 100 Mbps. Paket ini dilengkapi dengan fitur GameFirst III, yaitu fitur pengaturan prioritas trafik internet untuk game online, sehingga gameplay menjadi lebih lancar dan stabil.

Paket IndiHome Game

Selain itu, IndiHome dari Telkom Indonesia juga menyediakan modem Wi-Fi AC Dual Band yang bisa menangkap sinyal internet lebih baik dan memberikan sinyal Wi-Fi yang lebih stabil. Modem ini juga dilengkapi dengan fitur Quality of Service (QoS) yang bisa mengatur penggunaan bandwith agar trafik game online mendapat prioritas yang lebih tinggi daripada aktivitas lainnya.

Bermain game online membutuhkan koneksi internet yang cepat, stabil dan memiliki latency/ping yang rendah. Jenis-jenis koneksi internet yang cocok untuk gaming antara lain fiber optik, kabel koaksial, satelit, wireless dan 5G.

Ada beberapa cara untuk meningkatkan koneksi internet untuk gaming, seperti menggunakan kabel LAN atau Ethernet, menggunakan router yang berkualitas, mengatur konfigurasi jaringan dan mematikan aplikasi yang menggunakan bandwith besar. 

Paket internet gaming dari IndiHome juga bisa menjadi alternatif bagi para gamer yang ingin mendapatkan pengalaman bermain game online yang lebih baik.

Semoga bermanfaat.

20 komentar untuk "Koneksi Internet yang Cocok untuk Bermain Game Online"

  1. Cocok nih buat yg hobi ngegame. Jangan sampe ngelag pas mabar dan jadinya kalah 🤣 bisa2 di demo seRT. Anw, udah ada koneksi 5G aja ya. Makin kencang nih internetnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo udah 5G sih seharusnya koneksi internetnya ngebut ya, jadi cocok banget untuk main game online. Nggak ngelag lagi deh...

      Hapus
  2. Kebayang pas lagi seru-serunya ngegame terus internetnya lemot.. waduh..
    kalau pake paket layanan dari IndiHome pastinya lancar jaya, ya ngegame online

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah main game udah nggak asyik lagi kalo tiba-tiba internet lemot. Pasti bakalan bete dah. Makanya beralih ke IndiHome aja biar koneksi internetnya lancar dan stabil

      Hapus
    2. Pernah sih dulu pas masih ngekos aku main game online tapi bahkan pas baru opening lama banget. Nggak tau deh waktu itu di kos pake provider apa. Yang jelas sekarang pas di rumah pake IndiHome jadi lancar banget.

      Hapus
    3. Berarti koneksi internet dari IndiHome cocok di wilayah itu ya Mba

      Hapus
  3. Cara meningkatkan koneksi internet ini pas banget buat gaming, yang rata-rata memang membutuhkan koneksi yang tidka hanya cepat, namun juga stabil. Seperti IndiHome dengan internetnya yang ceat dan stabil

    BalasHapus
  4. Paket gamer Indihome ini sangat recommended bagi para gamer biar pengalaman ngegame online gak dipusingkan dengan koneksi yang nyut-nyutan alias lemot hehe

    BalasHapus
  5. Mau main game pastinya butuh kecepatan internet yang keren donk. Pantesan aja nih makin seru ngegame sejak pakai internet dari IndiHome juga. Keren banget dengan adanya QoS itu juga bisa ngatur penggunaan bandwith nya.

    BalasHapus
  6. Wah makasih tipsnya. Meski bukan gamer, jadi menambah pengetahuanku jugaa

    BalasHapus
  7. Minimal emang harus pakai provider internet cepat ya biar ga ngelag saat bermain game, ditambah konektivitas 5G

    BalasHapus
  8. Router ini jadi pasangan yang top ya sama internet stabil ini, sehingga urusan nge-game jadi makin lancar.
    Apalagi bisa dikatakan nge-game bukan sekadar bermain dan hiburan aja, tetapi juga bisa jadi sumber penghasilan

    BalasHapus
  9. Koneksi internet yang was wes wuss pemtingg disaat ngegame apalagi..kebayang kalau lemot pasti sebel ngomel2 (gusti yeni)

    BalasHapus
  10. Sebagai pensiunan gamer online, aku ngerasain sebelnya sih kalau internet mulai lemot, leveling dan hunting jadi males banget yekan. Tapi emang sih jujur, gaming pake IndiHome itu gada lawaaan lancarnya

    BalasHapus
  11. Main game pasti butuh jaringan internet cepat dan stabil ya mas
    Untung ada jaringan internet dari IndiHome ini ya
    Main game jadi seru dan bebas hambatan

    BalasHapus
  12. kalau memang serius dalam bidang gaming memang sebaiknya pilih yang paket internet gaming ya. NgeGame jadi makin lancar dan semangat...

    BalasHapus
  13. Sudah pakai router, provider internetnya IndiHome pula, fix gak balakan ada kata lemot saat main game ini mah.

    BalasHapus
  14. Ternyata router yang berkualitas bisa bantu meningkatkan koneksi internet untuk para gamers yaa... Memang gak nyaman banget kalau lagi asik-asiknya mabar, eh.. lagging.
    HUhuh... butuh banget yang namanya jaringan internet lancar dan stabil.

    BalasHapus
  15. IndiHome ga ada lawan sih, aku juga main game gak ngelag dan lancar

    BalasHapus
  16. emang gk ada duanya ini provider indihome kak, saya juga sampek sekarang masih setia sama indihome, alhamdulillah jarang gangguan juga,

    BalasHapus