Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Panduan dalam Memilih Printer. Baca Sebelum Membeli!

Kebutuhan akan penggunaan printer masih banyak dibutuhkan untuk mendukung kegiatan kita setiap harinya, seperti sekolah, kuliah maupun bekerja. Printer saat ini pun tidak hanya bisa mencetak dokumen saja, tetapi juga bisa scanning dan photocopy.

Printer Model Ink Tank Merek Canon
Image : https://www.instagram.com/p/CSmAYSuLoMp/

Nah, jika kamu lebih suka berada di rumah tanpa harus keluar untuk melakukan scanning atau photocopy, tidak ada salahnya untuk memiliki investasi berupa mesin printer ink tank terbaik. Namun, jangan sampai salah pilih, karena sebenarnya ada beberapa tips agar kamu tidak sampai keliru membeli printer.

1. Sesuaikan dengan Kebutuhan

Ciri-ciri printer yang bagus adalah printer tersebut harus memiliki kemampuan mencetak yang baik dan mudah digunakan. Misalnya jika kamu membutuhkan printer khusus untuk cetak dokumen foto ukuran berapapun, jangan gunakan printer biasa, tetapi pastikan printer tersebut memang didesain untuk bisa mencetak foto.

Selain itu, sesuaikan juga dengan keinginan kita terhadap mesin printer yang akan dibeli. Apakah mesin printer tersebut cukup untuk melakukan pencetakan dokumen saja atau harus bisa melakukan print, scan dan copy sekaligus?

2. Cek Kredibilitas Merek

Saat ini sudah semakin banyak merek printer yang tersedia di pasaran, tetapi kita tidak tahu merek printer apa yang bagus. Kamu bisa mencoba mengetik di Google dengan keyword "printer ink tank" dan melihat apa saja merek printer yang ditawarkan pada halaman tersebut.

Namun, tidak cukup sampai di situ saja, kamu juga harus jeli dalam melihat kelebihan yang ditawarkan oleh merek tersebut. Tentunya, semakin mahal, maka seharusnya semakin baik pula kualitas yang ditawarkan.

3. Bergaransi Resmi

Jangan sampai melewatkan poin yang satu ini. Kamu wajib menanyakan apakah printer yang akan dibeli memiliki garansi resmi. Jika garansinya hanyalah garansi toko saja atau bahkan hanya sebentar saja, maka urungkan dahulu niat tersebut.

Printer Ink Tank Terbaik Merek Canon
Image : https://www.instagram.com/p/CTEXcAlB2RC/

Sebaiknya lakukan survey ulang dan pilih garansi resmi yang memang bisa diklaim setelah kamu melakukan pembelian. Garansi khusus untuk seri mesin printer PIXMA dari Canon misalnya, bisa sampai 3 tahun. Dengan begitu hati juga jadi lebih tenang.

4. Printer Inkjet atau Inktank?

Hingga saat ini, penggunaan mesin printer inkjet dan inktank masih menjadi favorit banyak orang. Kadang-kadang ada yang belum mengetahui perbedaan di antara keduanya, manakah yang lebih baik? Sebenarnya jawabannya kembali kepada jenis printer tersebut dan kebutuhan kita.

Printer inkjet merupakan jenis printer yang lebih dulu ada dan printer inktank (kadang disebut juga sebagai printer infus) merupakan modifikasi printer setelahnya. Printer ink tank Canon misalnya. Telah memiliki teknologi spill-free alias pengisian tinta anti tumpah, yang tentunya sering terjadi pada printer inkjet.

5. Sesuaikan dengan Bujet

Baik, akan memilih printer inkjet atau inktank, ada baiknya kamu tetap menyesuaikan dengan biaya yang telah tersedia. Pada umumnya harga printer inkjet jauh lebih terjangkau jika dibandingkan dengan printer inktank.

Hal ini wajar mengingat fitur yang dimiliki di antara keduanya berbeda. Jika memang dana yang ada hanya bisa membeli printer inkjet, tidak apa-apa. Namun apabila kamu merasa printer inkjet masih nanggung dan lebih baik menambah sedikit untuk membeli printer inktank, juga merupakan pilihan yang bijak.

Jadi, bagaimana? Sudah mantap dengan pilihan printer yang akan dibeli? Ingat, jangan sampai salah mempertimbangkan ya. Jika masih bingung, coba baca kembali poin-poin di atas dan bisa tanyakan langsung di kolom komentar. Semoga informasi ini bisa membantu, terutama bagi kamu yang sedang mencari printer.

4 komentar untuk "5 Panduan dalam Memilih Printer. Baca Sebelum Membeli!"

  1. aku dulu milih printer mikirnya lama, biasanya di persoalan tintanya
    mau yang inkjet atau inktank
    karena ga mau repot isi nantinya kalau soal tinta

    BalasHapus
  2. Baca ini langsung inget kalo printer Canon ku yg skr udah bertahun2 ga dipake 🤣🤣. Dulu beli ini hanya utk print tiket2 pesawat dan dokumen perjalanan mas. Tapi sejak semua itu bisa disimpan pdf nya dlm hp, bye printer 😄. Jadi Ampe skr ga kepake itu printer. Ntahlah masih bisa atau ga. Pernah ada yg bilang kalo kelamaan ga dipake, tintanya juga mengering atau apalah itu .. 😅

    BalasHapus
  3. Sudah lama saya nggak pakai printer, Mas. Terakhir kali saya beli printer tuh, diisinya pakai cartridge. Baru tahu saya sekarang bahwa ada istilah inktank.

    BalasHapus
  4. Anti tambah isinya sehingga tidak merasa rugi. Maklum emak-emak nih merasa sayang kalau tinta tumpah

    BalasHapus