Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

ASUS ExpertBook B5 Series, Laptop Bisnis yang Unggul Dalam Performa dan Desain

ASUS ExpertBook B5 Series

Era pandemi telah membawa banyak perubahan dan memberikan pengalaman yang benar-benar berbeda. Jika sebelumnya kita melakukan berbagai rutinitas dengan cara tatap muka. Namun saat pandemi, banyak aktivitas dilakukan secara online, mulai dari bekerja, belajar, berkarya hingga berbisnis.

Meski mobilitas kita dibatasi, tetapi bukan berarti kita berhenti total untuk berkarya. Melalui adaptasi kebiasaan baru ini, justru kita dituntut untuk berpikir lebih kreatif dan tetap produktif.

Perlu kamu ketahui, semenjak pemberlakuan work from home alias bekerja dari rumah, permintaan laptop dan notebook meningkat sangat tajam.

Seperti dilansir dari Kontan.co.id, ASUS Indonesia menyambut baik dengan adanya permintaan laptop yang naik di tengah pandemi. Bahkan, ASUS mencatat penjualan laptop setidaknya merangkak naik pada bulan Mei dan Juni 2020 lalu.

"Penjualannya tumbuh 15% - 20%," ujar Firman, Head of Public Relations ASUS Indonesia

Hal ini menunjukkan tingginya minat masyarakat untuk tetap bisa bekerja, berkarya dan produktif selama pandemi. Meski hanya dilakukan dari rumah saja.

Cara Memaksimalkan Laptop untuk Meraih Peluang Bisnis di Tengah Pandemi

Laptop mendadak menjadi barang primadona di masa pandemi, karena laptop mampu memenuhi kebutuhan harian penggunanya, mulai dari bekerja, belajar, berkarya, berbisnis dan beragam aktivitas digital lainnya.

Tidak sedikit orang yang memanfaatkan laptop untuk memulai merintis bisnis online dari rumah saja. Bahkan ada juga yang sebagian di antaranya justru malah menuai kesuksesan. Bisnisnya tetap bertahan dan terus berkembang hingga saat ini.

Bisnis Online Paling Diminati Saat Pandemi

Nah, kira-kira peluang bisnis apa saja yang bisa kamu lakukan dengan menggunakan laptop? Berikut 5 di antaranya yang paling diminati :

1. Menjadi content creator

Seorang content creator atau pembuat konten, bisa bekerja dari mana saja. Perangkat yang dibutuhkan biasanya laptop dan koneksi internet yang memadai. Pekerjaan membuat konten semakin booming di tengah pandemi dan menjadi profesi yang cukup banyak dilirik, terutama oleh generasi muda.

2. Social media enthusiast and blogging

Blog maupun media sosial yang kita kelola, ternyata bisa mendatangkan penghasilan. Adapun sumber penghasilannya bisa dari berbagai cara, misalnya product review, content  placement, product endorsement, jasa backlink, jual beli template blog, jasa iklan mandiri, jasa membuat website hingga Google AdSense.

3. Jualan online

Bisnis jualan online juga dinilai cukup booming dan begitu diminati, terutama oleh anak-anak muda. Momen ini bisa kamu manfaatkan untuk mencari penghasilan tambahan. 

Kamu bisa menjual berbagai macam barang yang dibutuhkan di saat pandemi ini, misalnya saja jualan masker, makanan ringan homemade, hand sanitizer, sarung tangan dan lain sebagainya.

4. Kursus online

Kamu punya keahlian di bidang tertentu? Sekarang waktunya kamu membagikan keahlianmu dalam bentuk kursus online. Ada banyak hal yang bisa kamu ajarkan di kursus online ini, misalnya saja tutorial edit foto, cara beriklan di media sosial, cara mencari uang dari internet dan lain sebagainya.

5. Jasa desain grafis

Jasa desain grafis juga cukup diminati di tengah pandemi, terutama oleh anak-anak muda. Kamu bisa menawarkan keahlian membuat jasa desain melalui media sosial atau forum-forum terkemuka.

Produktivitas tidak akan berjalan maksimal tanpa adanya sebuah perangkat yang memadai, seperti laptop. Jangan sampai asal-asalan dalam memilih laptop, agar kamu tidak kecewa dengan performanya.

Lantas, kriteria laptop seperti apa yang bakalan cocok untuk orang-orang yang produktif dan juga para pebisnis? Melalui artikel ini, Susahsinyal.com ingin merekomendasikan sebuah laptop yang akan cocok untuk membantu pekerjaanmu sehari-hari.

Berikut ulasan lengkapnya!

ASUS ExpertBook B5 Series, Kriteria Laptop yang Cocok untuk Orang-orang yang Produktif dan Para Pebisnis

ASUS menjawab semua kebutuhan tersebut, dengan meluncurkan salah satu produk unggulannya, yakni ASUS ExpertBook B5 Series, yang merupakan seri laptop bisnis convertible yang memiliki desain ultra-portable.

Seperti kita ketahui, di setiap peluncuran laptop barunya, ASUS selalu mengemas produknya dengan balutan fitur canggih serta teknologi modern untuk menunjang aktivitas komputasi sehari-hari.

ASUS ExpertBook B5 Series

ASUS ExpertBook B5 series memiliki desain yang sangat portable dan tangguh serta didukung oleh performa terbaik di kelasnya, sehingga sangat bisa diandalkan untuk mendukung produktivitas penggunanya.

"Desain yang sangat portable dan tangguh, didukung oleh performa terbaik di kelasnya membuat ExpertBook B5 Series dapat selalu diandalkan oleh para pebisnis profesional," ujar Jimmy Lin, ASUS Regional Director Southeast Asia dalam keterangannya, Minggu, 27 Februari 2022.

Pada umumnya, spesifikasi laptop bisnis, tidak hanya memperhatikan sisi keamanan (security) dan pengelolaannya (manageability) saja, melainkan dari sisi performa, portabilitas dan fleksibilitas juga cukup penting untuk diperhatikan.

ASUS ExpertBook B5 series merupakan pilihan yang tepat, karena dinilai memenuhi kriteria laptop bagi orang-orang yang produktif dan juga para pebisnis, di antaranya sebagai berikut :

  • Desain simpel, tapi tetap stylish (ultra-portable), sehingga mudah dibawa ke mana-mana
  • Performa andal dan tangguh
  • Bobot ringan 
  • Aman dan nyaman
  • Bertabur fitur canggih dan modern

10 Alasan Mengapa ASUS ExpertBook B5 Series Mampu Menunjang Produktivitas dan Bisnis

ASUS tidak hanya menjaga kualitas dan performa di setiap produk yang diluncurkannya, akan tetapi juga sangat memperhatikan tingkat portabilitas serta kenyamanan penggunanya. Dan semua poin penting ini bisa kamu dapatkan di ExpertBook B5 Series. 

Berikut adalah 10 alasan mengapa ExpertBook B5 Series mampu menunjang produktivitas dan binis yang kamu kelola :

1. Bukan abal-abal, performanya tangguh dan andal

Apakah kamu pernah merasa kesal gara-gara laptop lemot dan sering ngadat, sehingga pekerjaanmu jadi terhambat? Apakah kamu pernah kehilangan proyek berharga, hanya gara-gara performa laptop yang kurang optimal?

Jika kamu pernah mengalami hal tersebut, sudah saatnya kamu segera beralih ke ExpertBook B5. Laptop bisnis ASUS ExpertBook B5 sudah diperkuat oleh prosesor Intel® Core™ generasi ke-11 terbaru dan juga Intel® Iris® Xᵉ graphics

Performa ASUS ExpertBook B5 Series

Secara spesifik, ExpertBook B5 telah ditenagai oleh Intel Core i7-1165G7 Prosesor 2.8 GHz (12M Cache, up to 4.7 GHz) dengan memori DDR4 3200 MHz berkapasitas hingga 48 GB.

ExpertBook B5 telah tervalidasi sebagai laptop Intel EVO Platform, yang memiliki spesifikasi premium serta tetap tampil gesit meski tidak terhubung ke sumber listrik, baterai yang besar dan sangat responsif untuk melakukan berbagai pekerjaan.

2. Ruang penyimpanan lega, bisa menyimpan banyak data

Sebagai jajaran laptop bisnis, ExpertBook B5 telah dibekali dengan kapasitas penyimpanan yang besar, sehingga bisa digunakan untuk menyimpan banyak data di laptop, mulai dari gambar, foto, video hingga dokumen penting lainnya.

Ruang Penyimpanan Besar

ExpertBook B5 mengandalkan penyimpanan PCle SSD berkapasitas tinggi, hingga 2TB, yang juga bisa dikonfigurasikan secara RAID untuk meningkatkan performanya. 

RAID atau Redundant Array of Independent Disk merupakan sebuah teknologi storage (media penyimpanan) yang menggunakan kombinasi beberapa hard drive menjadi satu kesatuan unit yang bertujuan untuk meningkatkan performa data.

3. Desain minimalis, ringkas dan praktis

Seorang pebisnis selalu dituntut untuk tampil dinamis dan biasanya punya mobilitas yang tinggi. Mereka cenderung memilih laptop dengan bodi yang ringkas, minimalis dan pastinya tangguh, sehingga mudah dibawa ke mana-mana.

ASUS ExpertBook B5 Series hadir sebagai solusinya. Laptop ini tidak hanya fokus pada desainnya yang ringkas dan ringan, tetapi juga memiliki performa yang powerful.

Desain Minimalis, Bodi Ringkas

Untuk meningkatkan mobilitas para pebisnis, ExpertBook B5 dengan desain bodi yang tipis, bahkan ketebalannya hanya 16,9mm, sehingga bisa lebih mudah untuk dimasukkan ke dalam tas.

ExpertBook B5 Series ini hadir dalam dua varian, yaitu Clamshell (B5302CEA) dengan layar yang bisa dibuka hingga 180 derajat dan Convertible (B5302FEA) dengan layar yang bisa diputar hingga 360 derajat.

4. Mata tidak mudah lelah, dijamin bikin betah

Untuk memberikan pengalaman visual yang aman dan nyaman, ASUS telah membekali layar ExpertBook B5 dengan teknologi ASUS OLED. ASUS OLED memiliki color gamut 100 persen DCI-P3 dan telah mengantongi sertifikasi Pantone Validated Display.

Panel OLED dinilai lebih unggul, karena telah dilengkapi dengan beragam fitur, teknologi dan inovasi untuk menyajikan layar yang mampu menampilkan visual dengan warna yang sangat kaya, akurat dan tidak merusak mata.

ASUS OLED juga telah mengantongi sertifikasi dari TÜV Rheinland untuk low-blue light dan anti-flicker. Sehingga aman untuk kesehatan mata dalam jangka waktu yang panjang.

ASUS ExpertBook B5 Tidak Bikin Mata Mudah Lelah

ExpertBook B5 juga memiliki fitur Eye Care, sebuah fitur yang mampu mengurangi bahaya dari paparan radiasi sinar biru. Selain itu juga telah mendukung teknologi HDR dan telah mengantongi sertifikasi VESA DisplayHDR True Black.

Dengan teknologi HDR (High Dynamic Range), memungkinkan pengguna menonton konten visual dengan tampilan yang terlihat lebih nyata. 

Sementara VESA atau Video Electronics Standards Association, merupakan standarisasi yang digunakan untuk mendukung dan mengatur standar tampilan untuk berbagai perangkat elektronik, termasuk laptop. 

5. Keamanan data terjamin berkat fitur fingerprint

ASUS sangat memperhatikan keamanan data penggunanya. Itulah mengapa orang-orang yang produktif dan pebisnis profesional wajib memilih ExpertBook B5 sebagai perangkat yang tepat untuk bekerja.

Selain chip TPM 2.0, ExpertBook B5 juga dibekali dengan sensor pembaca sidik jari (fingerprint), yang telah terintegrasi dengan sistem keamanan Windows Hello, sehingga membuat ExpertBook B5 jauh lebih aman dan juga lebih mudah diakses tanpa harus mengetikkan password.

Fitur Fingerprint ASUS ExpertBook B5 untuk Keamanan Data Pengguna

Fingerprint
merupakan perangkat biometrik khusus yang akan membatasi akses ke laptop atau komputer berdasarkan sidik jari yang telah disetujui sebelumnya. 

Dengan demikian data yang tersimpan di dalam laptop akan lebih aman dan laptop tidak mudah diakses oleh sembarang orang.

6. Bobotnya ringan, mudah dibawa bepergian

Beralih ke sektor bobot bodi pada laptop. ExpertBook B5 dibuat dari bahan magnesium-aluminium alloy. Berkat balutan material premium tersebut, membuat bobot laptop terasa ringan, yakni hanya 1 kilogram saja, sehingga jadi lebih enak dan nyaman saat dibawa bepergian.

Bobot Ringan, Fleksibel Dibawa Bepergian

Meski bobotnya ringan, ExpertBook B5 terbukti sangat tangguh. Bahkan ketangguhannya telah diakui melalui sertifikasi lolos pengujian ekstrim berstandar militer AS (MIL-STD 810H).

Sertifikasi tersebut sangat penting untuk memastikan bahwa ExpertBook B5 memang benar-benar sangat bisa diandalkan, baik untuk penggunaan sehari-hari, hingga pengoperasian dalam kondisi ekstrim.

7. Dukungan konektivitas yang lengkap dan berkualitas

Sebagai pelengkap mobilitas yang sangat tinggi, laptop ExpertBook B5 telah dilengkapi dengan port yang sangat lengkap, mulai dari USB Type-A, HDMI, 3.5mm combo audio port serta gigabit ethernet melalui Micro HDMI.

Dukungan Konektivitas yang Lengkap di ExpertBook B5 Series

Selain itu juga telah dilengkapi dua buah port USB Type-C Thunderbolt 4 yang menawarkan kecepatan transfer data tinggi, yakni hingga 40Gbps. Port Thunderbolt 4 ini juga bisa digunakan untuk mengisi daya serta port display output yang mendukung resolusi hingga 8K.

8. Komunikasi anti bising, berkat fitur two-way AI noise-cancelling

Seorang pebisnis harus selalu terhubung dengan klien ketika terlibat dalam sebuah proyek. Jangan sampai pebisnis kehilangan proyek hanya karena terkendala komunikasi yang buruk.

Fitur two-way AI noise-canceling

Untuk mengantisipasi masalah ini, ASUS telah melengkapi ExpertBook B5 dengan sebuah fitur bernama two-way AI noise-cancelling, di mana fitur ini mampu mengenali dan mengeliminasi berbagai jenis usara bising (noise) saat pengguna ExpertBook B5 melakukan conference call.

Yang menarik dari fitur ini adalah, tidak hanya berlaku untuk mikrofon satu arah saja, tetapi juga mampu mengeliminasi noise dari lawan bicara. Sehingga pengguna bisa melakukan conference call secara lebih nyaman dan tetap produktif di berbagai situasi.

9. Fitur NumberPad untuk membantu perhitungan yang cepat

Ukuran layar ASUS seri ExpertBook B5 seluas 13 inci, sehingga untuk memudahkan pengguna menambahkan tombol numpad, ASUS telah menambahkan fitur NumberPad 2.0. 

Dengan fitur ini, pengguna bisa mengubah touchpad menjadi numpad dengan mudahnya hanya melalui satu sentuhan saja.

NumberPad dinilai mampu membantu memecahkan masalah kurangnya keypad numerik pada laptop yang memiliki desain compact.

Fitur Numerik Pad ASUS ExpertBook B5 Series

Saat NumberPad diaktifkan, pengguna bisa melakukan entri data dan melakukan penghitungan secara cepat. Fitur ini sangat membantu bagi para pebisnis yang menginginkan akses menghitung dengan cepat di laptop.

NumberPad dilengkapi dengan LED di bagian bawah touchpad. Saat Numberpad diaktifkan, LED akan menyala, sehingga pengguna bisa melihat angka dengan jernih dan tajam pada touchpad.

10. Kapasitas baterai besar, cocok untuk aktivitas di luar

Biasanya para pebisnis banyak menghabiskan waktu produktif di luar rumah. Mereka terbiasa bertemu banyak klien di mana saja. Maka dari itu, mereka wajib membutuhkan laptop yang ditenagai dengan kapasitas baterai yang besar.

ASUS telah melengkapi ExpertBook B5 dengan baterai berteknologi canggih dan terbaik, sehingga pengguna bisa mengisi daya hingga 14 jam dalam satu kali pengisisan daya.

Kapasitas Baterai Besar

Tidak hanya itu saja, pengguna juga bisa mengisi daya melalui port USB Type-C Thunderblot 4 yang mendukung teknologi USB power delivery menggunakan adapter yang sangat ringkas.

Canggihnya lagi, adapter tersebut bisa digunakan untuk mengisi berbagai jenis gadget modern yang ada saat ini. Pengguna juga bisa mengisi daya laptop menggunakan powerbank, sehingga daya tahan baterainya bisa bertahan lebih lama lagi.

Harga dan Spesifikasi Lengkap ASUS ExpertBook B5 Series

Sebagai laptop bisnis yang memiliki performa tangguh, harga yang ditawarkan cukup worth it. Apalagi laptop ini dilengkapi dengan fitur canggih dan teknologi modern yang sangat optimal untuk menunjang penggunaan komputasi sehari-har

Antara ExpertBook B5 (B5302CEA) dengan ExpertBook B5 Flip (B5302FEA) memiliki banyak kesamaan, baik dari segi fitur maupun performa. Perbedaan dominan terletak pada desainnya, meski keduanya sangat fleksibel.

ASUS ExpertBook B5 Flip (B5302FEA)

Bagi yang menyukai fleksibilitas yang maksimal, kamu bisa memilih seri ExpertBook B5 Flip, karena memiliki desain yang convertible. Artinya layarnya bisa diputar hingga 360 derajat.

ASUS ExpertBook B5 Flip

Spesifikasi ASUS ExpertBook B5 Flip

Laptop ini sangat cocok bagi kamu yang menyukai desain yang cantik dan dinamis. Apalagi kamu juga bisa mengoperasikan ExpertBook B5 Flip dengan menggunakan stylus pen. Laptop ini dibanderol mulai dari harga Rp 21 jutaan.

Untuk melihat lebih detail jeroan ASUS ExpertBook B5 Flip, berikut adalah spesifikasinya :

CPU

Intel® Core™ i7-1165G7 Processor 2.8 GHz (12M Cache, up to 4.7 GHz)

Operating System

Windows 11 Pro

Memory

Up to 48GB DDR4 3200MHz RAM

Storage

Up to 2TB Pcle SSD with RAID Support

Display

13,3″ (16:10) OLED Full-HD (1920×1080) 400nits DCI-P3:100% NanoEdge Display, PANTONE Validated Display, VESA TrueBlack HDR, TÜV Rheinland eye care certified, 92% screen to body ratio, touchscreen with pen support

Graphics

Intel Iris Xᵉ Graphics

Input/Output

1x USB 3.2 Gen 2 Type-A, 2x Thunderbolt™ 4 supports display / power delivery, 1x HDMI 2.0b, 1x micro HDMI (RJ45 lan), 1x 3.5mm Combo Audio Jack

Camera

720p HD camera with privacy shutter

Connectivity

Integrated Wi-Fi 6 (802.11 ax) + Bluetooth 5.0 (Dual band) 2*2

Audio

Smart Amp Technology, Built-in speaker, Built-in array microphone with Cortana supported

Security

HDD User Password Protection and Security, BIOS Booting User Password Protection, Trusted Platform Module (TPM) 2.0, Kensington Lock, Fingerprint sensor integrated with Power Key

Battery

66WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion

Dimension

30,90 x 21,06 x 1,69 ~ 1,69 cm

Weight

1.11Kg

Colors

 Black

Price

Start from Rp 21.000.000

Warranty

2 tahun garansi global with optional warranty upgrades


ASUS ExpertBook B5 (B5302CEA)

Tidak berbeda jauh dengan saudara kembarnya, ExpertBook B5 juga memiliki desain yang dinamis, portabilitas, fleksibilitas serta performa yang sangat baik. Laptop bisnis ini dibanderol mulai dari Rp 22 jutaan.

Berikut adalah spesifikasi lengkap ASUS ExpertBook B5 :

CPU

Intel® Core™ i7-1165G7 Processor 2.8 GHz (12M Cache, up to 4.7 GHz)

Operating System

Windows 11 Pro

Memory

Up to 48GB DDR4 3200MHz RAM

Storage

Up to 2 TB PCle SSD with RAID Support

Display

13,3″ (16:10) OLED Full-HD (1920×1080) 400nits DCI-P3:100% NanoEdge Display, PANTONE Validated Display, VESA TrueBlack HRD, TÜV Rheinland eye care certified, 92% screen to body ratio

Graphics

Intel Iris Xᵉ Graphics

Input/Output

1x USB 3.2 Gen 2 Type-A, 2x Thunderbolt™ 4 supports display / power delivery, 1x HDMI 2.0b, 1x micro HDMI (RJ45 lan), 1x 3.5mm Combo Audio Jack

Camera

720p HD camera with privacy shutter

Connectivity

Integrated Wi-Fi 6 (802.11 ax) + Bluetooth 5.0 (Dual Band) 2*2

Audio

Smart Amp Technology, Built-in speaker, Built-in array microphone with Cortana supported

Security

HDD User Password Protection and Security, BIOS Booting User Password Protection, Trusted Platform Module (TPM) 2.0, Kensington Lock, Fingerprint sensor integrated with Power Key

Battery

66WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion

Dimension

30,90 x 21,06 x 1,69 ~ 1,69 cm

Weight

1.11Kg

Colors

Black

Price

Start from Rp22.000.000

Warranty

2 tahun garansi global with optional warranty upgrades

Demikian ulasan mengenai laptop bisnis ASUS ExpertBook B5 Series yang dinilai sangat tepat untuk membantu menunjang produktivitas sehari-hari dan juga bagi para pebisnis, yang mulai merintis bisnisnya dari saat pandemi hingga pasca pandemi nanti.

Semoga bermanfaat.

17 komentar untuk "ASUS ExpertBook B5 Series, Laptop Bisnis yang Unggul Dalam Performa dan Desain"

  1. Laptop bisnis itu beda peruntukkannya dengan laptop consumer atau laptop gamer. Laptop bisnis mengedepankan fitur-fitur yang mendukung bisnis agar makin meningkat performanya. Seperti portabilitas, security, manageability, dan juga performa.

    Jadi untuk para pebisnis, laptop bisnis memang direkomendasikan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yes, ExpertBook B5 Series memang dikhususkan untuk para pebisnis yang punya mobilitas sangat tinggi. Namun bisa juga digunakan oleh orang-orang yang produktif Mas, misalnya konten kreator atau desain grafis, karena speknya itu lho. Keren banget dan maksimalis banget....

      Hapus
  2. Memiliki perangkat laptop baik seperti Asus dengan spesifikasi ini akan memudahkan dukungan pekerjaan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yoi, betul banget mas bro.... Yuk ah segera beli 1 atau 2, buat senjata ngeblog...

      Hapus
  3. jujurly mupeng nih kak, apalagi aktivitas penggunaan laptop semakin hari semakin banyak baik terkait pekerjaan maupun bloging dan jualan, smeoga dimudahkan memilikinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aaamiiin, semoga saja kesampaian bisa punya laptop keren ini ya Mba...

      Hapus
  4. ASUS ExpertBook B5 Series memiliki spesifikasi tinggi pas buat support usaha bisnis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pas banget untuk pebisnis dan juga orang-orang yang produktif macam konten kreator

      Hapus
  5. Sesuai sih bang dengan namanya, Expertbook, cocok buat kalangan pebisnis yang emang butuh hal2 dinamis tapi tetap berkualitas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cocok banget Mba Arai, soalnya spesifikasinya mantap

      Hapus
  6. Kok semua keunggulan laptop ini pas banget dengan masalah saya di laptop sekarang, ya, Kak. Jadi solusi banget ini. Untuk pribadi aktif apalagi dalam urusan bisnis mesti harus pakai laptop yang memenuhi impian kayak gini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya harus segera ganti laptop yang lama dengan laptop ASUS ExpertBook B5, biar lebih optimal dalam bekerja...

      Hapus
  7. Bener, sekarang ini rata-rata anak sekolah menengah udah punya laptop.
    ASUS ExpertBook B5 ini spesifikasinya tinggi ya, udah windows 11 pula, dan ringan banget cuma 1,11 kg. Cocok banget dibawa bepergian, nggak bikin punggung pegel karena gendong laptop.

    Sayang, harganya masih 20 jutaan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Spesifikasinya sesuai dengan kebutuhan anak muda zaman now banget lho. Urusan harga worth it dengan performa yang didapatkan

      Hapus
  8. Laptop idaman ini, laptop Asus Expertbook B5 Series ya, bisa diajak kerja cepat, gak pake ngadat dan yang paling penting prosesornya keren bangett Intel® Core™ generasi ke-11 terbaru. Hmm diajak desain grafis jago sekali nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Multitasking sekali Mba. Mau diajak desain grafis, bikin konten, edit video pun oke-oke aja kok. Soalnya sudah didukung performa yang joss....

      Hapus
  9. Asus emang gak pernah main-main ya soal urusan memanjakan penggunanya ya. Segala macam teknologi canggih pasti digunakan demi kenyamanan user

    BalasHapus