Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Makanan Khas Indonesia yang Mungkin Belum Pernah Anda Ketahui

Jika bertanya ke wisatawan luar negeri, makanan Indonesia apa yang mereka ketahui, jawabannya pasti rendang, nasi goreng, mie goreng dan bakso. Padahal makanan khas Indonesia tidak terhitung jumlahnya, karena sangat banyak dan beragam. Mau yang pedas, gurih, manis, asam bahkan pahit pun tersedia di Indonesia.

Tahu Gejrot Makanan Khas Cirebon
Image : indonesia.travel/id/id

Ada beberapa makanan yang mungkin Anda pun baru mengenalnya hari ini. Wah, apa saja dan dari mana saja? Simak ulasannya berikut ini :

Cirebon

Salah satu daerah di Jawa Barat ini tidak hanya dikenal dengan batik Trusmi Cirebon saja, tetapi juga beragam makanan khas yang nikmat. Misalnya seperti nasi jamblang, nasi bogana, tahu gejrot, nasi lengko, mie koclok, empal gentong, kerupuk melarat, growolan dan sate kalong.

Batik Trusmi Asal Cirebon
Image : indonesia.travel/id/id

Mengenai makanan sate kalong, sebenarnya makanan tersebut adalah sate kulit sapi dengan paduan sambal oncom. Disebut sate kalong, karena pedagangnya berjualan hanya di malam hari saja.

Maluku

Maluku terkenal dengan buah pala di Pulau Banda yang memiliki sejarah luar biasa. Untuk urusan makanan, Maluku memang banyak menggunakan rempah-rempah. Hal itu terlihat dari beberapa makanan khasnya, seperti nasi lapola, ikan kuah pala Banda, sambal colo-colo, ikan komu asar, kohu-kohu, sagu waku komo-komo, bubur sagu ubi, talam sagu bakar, kopi sibu-sibu, manisan pala dan bubur ne.

Jambi

Hidangan dari Jambi mungkin belum sepopuler provinsi tetangganya, seperti Palembang. Namun jangan salah, masakannya tidak kalah lezat lho. Sebut saja gulai tepek ikan, tempoyak ikan patin, kerutup ikan, nasi gemuk, gulai talang, rendang cempedak, nasi minyak, daging masak itam, soto semurup, lakso Jambi hingga kue padamaran.

Makanan yang kaya akan rempah ini biasanya ditutup dengan hidangan es yang segar, seperti jus pinang.

Banjarmasin

Kota dengan julukan seribu sungai ini juga memiliki kekayaan kuliner yang tidak kalah dari kota lainnya. Di Banjarmasin, Anda bisa mencicipi soto Banjar, nasi kuning Banjarmasin, sop mutiara, cacapan asam, nasi itik gambut, ketupat kandangan, sambal acan, patin baubar, lontong orani, manday, kerupuk ikan, abon ikan haruan dan beberapa ikan yang dikeringkan.

Beberapa jenis makanan yang kering bisa dijadikan sebagai buah tangan khas Banjarmasin.

Solo

Sepanjang perjalanan jika Anda naik travel Jogja Solo, pasti akan menemukan beberapa makanan yang terdapat di dua kota ini. Salah satunya adalah tengkleng. Meski berasal dari Solo, tengkleng juga terdapat di Kota Jogja.

Selain tengkleng, Solo juga terdapat makanan lain, seperti nasi liwet, gudeg ceker, bakmi ketoprak, selot Solo, krengsengan, timlo, sate buntal, oblok-oblok, jangan Lombok dan masih banyak lagi yang lainnya.

Gorontalo

Provinsi tempat asalnya BJ Habibie ini memiliki julukan Serambi Madinah, karena tradisi masyarakatnya yang berpegang pada ajaran Islam. Mengenai urusan kuliner, bisa dibilang cita rasanya cukup unik, karena bahannya yang hanya ada di Gorontalo.

Beberapa kuliner yang dimaksud adalah binte biluhuta, ayam iloni, tili aya, sate tuna, bilenthango, ilabulo, sayur putungo, perkedel nike, kue karawo, duduli dan sambal sagela.

Demikian daftar makanan khas Indonesia yang mungkin saja belum Anda coba sebelumnya. Semoga bisa bermanfaat sekaligus menjadi referensi, terutama bagi Anda yang hobi berburu kuliner nusantara.

1 komentar untuk "6 Makanan Khas Indonesia yang Mungkin Belum Pernah Anda Ketahui"

  1. Itulah kenapa tiap kali traveling, aku LBH suka cari makanan khas, drpd makanan yg banyak ditemukan di mana2. Krn makanan khas suatu tempat pasti beda dan unik. Bisa jadi lidahku ga bisa langsung menerima, tapi at least, udah tahu rasanya kayak apa 😁.

    BalasHapus