Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Penyebab Wireless Mouse Tidak Berfungsi

Penyebab Wireless Mouse Tidak Berfungsi

Saat ini wireless mouse atau mouse tanpa kabel (nirkabel) lebih banyak digunakan dibanding jenis mouse biasa. Selain karena lebih praktis, beberapa fitur yang disematkan bisa membantu mempermudah pekerjaan sehari-hari. Dibanding mouse biasa, wireless mouse jauh lebih modern dan fungsional sekali.

Berhubung banyak keunggulannya, saat ini saya juga menggunakan mouse Logitech M170 dan juga mouse ROBOT M200. Keduanya sama-sama memakai baterai biasa (AAA) untuk pengoperasiannya. Sengaja saya punya dua mouse, agar saya punya stock jika mouse yang lainnya rusak.

Menggunakan wireless mouse jauh lebih praktis dan tanpa ribet dengan kabel. Urusan harga juga relatif terjangkau dan bervariasi, tergantung dari merek dan fitur yang diusungnya.

Penyebab Wireless Mouse Tidak Berfungsi

Ibarat pepatah mengatakan, tak ada gading yang tak retak. Secanggih apapun teknologi yang diusung sebuah wireless mouse, tetap saja ada kekurangannya. Misalnya saja mouse tiba-tiba tidak berfungsi secara normal, sehingga menyebabkan aktivitas menjadi terhambat.

Maka dari itu, kamu perlu mengetahui terlebih dulu apa saja penyebab wireless mouse tidak berfungsi. Agar nantinya kamu bisa mengatasi permasalahan yang dihadapi saat mouse mulai ngadat.

Berikut ada 5 penyebab wireless mouse tidak berfungsi sebagaimana mestinya :

1. Receiver bluetooth mengalami kerusakan

Wireless mouse dilengkapi dengan sebuah konektor yang disebut receiver bluetooth. Melalui konektivitas bluetooth inilah mouse bisa bekerja dan bergerak secara bebas. Dalam proses transmisinya, wireless mouse akan mengirimkan sinyal kepada receiver bluetooth yang digunakan, agar kursor bisa bergerak.

Nah, kerusakan pada receiver bluetooth ini disinyalir menjadi salah satu penyebab wireless mouse tidak berfungsi. Penyebabnya bisa jadi karena kualitas dari receiver-nya tidak bagus, sehingga seringkali mouse tidak berfungsi. Jika receiver rusak, mau tidak mau, kamu harus membeli mouse yang baru.

2. Ada komponen perangkat mouse rusak

Penyebab wireless mouse tidak berfungsi selanjutnya adalah ada salah satu perangkat keras (komponen) pada mouse yang rusak. Bisa saja tombol klik yang rusak, sensor laser/optik yang rusak, atau transmitter mouse rusak, sehingga mouse tidak mampu mengirimkan sinyal, meskipun sudah dicoba mengganti baterai baru.

Solusi agar komponen mouse tidak cepat rusak, sebaiknya rawat dan gunakan mouse secara wajar. Jangan terlalu bar-bar atau ekstrim saat menggunakan mouse. Jangan membanting mouse jika kalah bermain game. Rajin bersihkan mouse dari debu dan kotoran, serta jauhkan mouse dari magnet dan air.

3. Baterai habis

Wireless mouse bekerja menggunakan baterai, agar bisa memberikan sinyal dan menjadi transmitter kepada bluetooth dongle (receiver). Ada mouse yang menggunakan baterai isi ulang (rechargeable) atau baterai biasa (AAA). Nah, jika baterai telah habis, maka hal ini menjadi salah satu penyebab wireless mouse tidak berfungsi.

Solusi agar mouse bisa bekerja secara optimal, segera ganti dengan baterai yang masih baru, bukan baterai bekas. Mengapa baterai baru? Baterai baru memiliki voltase yang maksimal, sehingga bisa memberikan power optimal kepada mouse. Berbeda dengan baterai bekas, di mana jumlah voltasenya sudah lemah atau bahkan kosong.

4. Mouse terjatuh, terbentur, terpelanting, terjatuh dan pecah

Mouse yang sering terjatuh disinyalir menjadi penyebab mouse tidak bisa berfungsi lagi. Meskipun masih berfungsi, tetapi kurang optimal. Wireless mouse yang terjatuh sepintas tidak terlihat mengalami kerusakan pada hardware. Namun efeknya akan kamu rasakan ketika menggunakan mouse tersebut.

Mouse yang terjatuh dengan keras, menyebabkan berkurangnya tingkat responsive. Hingga pada akhirnya mouse tidak bisa berfungsi sama sekali. Solusinya, segera ganti dengan wireless mouse yang baru saja. Daripada membeli yang bekas atau melakukan service mouse, karena memang sangat jarang sekali orang menerima service mouse rusak.

5. Masalah pada driver USB (Universal Serial Bus)

Coba periksa apakah driver sudah terinstall dengan tepat di laptop atau PC kamu. Jika mouse belum berfungsi, bisa jadi ada masalah pada driver dari port USB di laptop atau PC, misalnya saja crash, corrupt, tidak terinstall dengan baik atau versi driver yang sudah ketinggalan.

  • Untuk mengeceknya, kamu bisa mencoba langkah-langkah di bawah ini :
  • Klik kanan pada my computer
  • Pilih properties, lalu pada kolom sebelah kiri, pilih device manager
  • Periksa pada bagian Universal Serial Bus Controller, apakah ada tanda seru berwarna kuning atau tidak
  • Jika iya, maka driver USB mengalami masalah
  • Untuk memperbaikinya, kamu bisa menginstall ulang driver atau melakukan update pada driver USB

6. Kualitas wireless mouse yang tidak bagus

Penyebab mengapa wireless mouse tidak bisa berfungsi bisa disebabkan karena memang kualitas dari mouse itu sendiri yang kurang bagus. Di pasaran kamu bisa menemukan harga wireless mouse yang murah, tetapi kualitasnya belum bisa dipastikan bagus atau tidak. Harga memang tidak bisa berbohong. Semakin mahal harganya, maka kualitasnya semakin baik.

Maka dari itu, sebelum kamu membeli wireless mouse, sebaiknya ketahui terlebih dulu tips memilih wireless mouse yang tepat, agar mouse yang kamu beli bisa bertahan lama dan tidak mudah rusak.

Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "6 Penyebab Wireless Mouse Tidak Berfungsi"