Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Review Mouse Wireless ROBOT M200

Review Mouse Wireless ROBOT M200

Sebagai seorang konten kreator, saya selalu menggunakan laptop untuk membuat konten. Berhubung mouse bawaan di laptop Acer sering eror, saya memutuskan untuk membeli mouse wireless saja. Dibanding mouse biasa, mouse wireless jauh lebih praktis.

Tanggal 12 Maret 2022, saya pesan mouse wireless di Tokopedia. Sebenarnya ada banyak merek mouse wireless yang lainnya, tapi saya penasaran pengen nyobain mouse merek ROBOT. Apalagi harganya lebih terjangkau. Sudah gitu, banyak testimoni positif yang mengulas produk tersebut.

Singkat cerita, mouse tiba di rumah tanggal 15 Maret 2022. Bisa dibilang proses pengiriman cukup cepat. Cuma tiga hari saja, mouse sudah dikirim ke rumah di wilayah Tegal. Sementara tokonya ada di wilayah Jakarta Barat.

Review Mouse Wireless ROBOT M200

Kotak mouse berwarna hijau ini dibungkus dengan menggunakan plastik biasa, bukan bubble wrap. Setelah saya buka kotaknya, di dalamnya hanya ada satu lembar kertas garansi tanpa baterai.

Mouse Wireless Logitech M170 vs ROBOT M200

Mouse ROBOT yang saya beli ini untuk menggantikan mouse Logitech M170 yang sudah tidak berfungsi maksimal. Ya wajar saja sih, mouse Logitech sudah 2 tahun lebih, jadi mungkin sudah mulai menurun performanya. 

Maka dari itu, saya memutuskan untuk menggantinya dengan yang baru saja. Karena kalau pakai mouse yang sudah mulai eror, bisa bikin senewen. Kerjaan jadi terhambat. Apalagi saat dikejar deadline menulis artikel. 

Nah, melalui artikel ini, saya mau sedikit mengulas pengalaman pertama menggunakan mouse wireless ROBOT M200.

1. Desain oke

Dari segi desain, saya bilang biasa saja. Tidak ada yang terlalu istimewa, di mana desainnya mirip dengan mouse pada umumnya. Di bagian punggung mouse ada satu tombol scroll, yang diapit oleh tombol kanan dan kiri. Tombol kanan dan kiri mouse tidak terdengar saat kita klik (fitur silent click). Tidak ada tombol on/off pada mouse.

Pengalaman Menggunakan Mouse Wireless ROBOT M200

Di bagian bawahnya terdapat 4 buah bantalan karet di setiap sudutnya, agar pergerakan mouse lebih terkendali. Slot baterai terletak di bagian bawah sebelah kiri, bersebelahan dengan optik. Secara keseluruhan, material bodi mouse cukup nyaman saat digunakan, ringan dan tidak licin.

2. Responsif cukup bagus

Tingkat sensitivitas atau responsif mouse ini bisa dibilang cukup bagus. Kursor tidak lari ke mana-mana saat mouse digerakkan. Saya sarankan untuk menggunakan mouse pad agar penggunaan mouse lebih nyaman dan responsif. Jika tidak pakai mouse pad, mouse jadi kurang responsif dan sangat tidak nyaman.

3. Proses install cukup cepat

Laptop Acer saya masih menggunakan Windows 7. Untuk proses instalasi driver cukup cepat dan tidak ada kendala. Mungkin sekitar 1 menit, mouse sudah bisa digunakan. Colokkan USB receiver ke laptop, dan tunggu proses install driver. 

Mouse wireless ROBOT M200 sudah menggunakan fitur Pasang dan Pakai atau istilah kerennya Plug and Play (PnP). Jadi, ketika kita colok USB receiver ke laptop atau PC, akan otomatis terinstall. Mouse sudah bisa langsung digunakan. Kita tidak perlu install software apapun lagi.

4. Harga relatif terjangkau

Harga mouse ROBOT M200 relatif terjangkau. Di marketplace dibanderol mulai dari 40 ribuan hingga 60 ribuan. Jika dibandingkan dengan fitur yang didapat cukup lengkap, harga segitu #murahbanget 

Saya beli seharga 44 ribu saja dan gratis ongkir sebesar 16 ribu. Jadi lumayan bisa menghemat pengeluaran. Kalau kamu mau belanja online, pilih saja yang gratis ongkir, dijamin hemat deh.

5. Kualitas mouse

Jujur saja, saya belum bisa bilang mouse ini punya kualitas yang bagus atau tidak, soalnya saya baru pakai mouse 4 hari yang lalu. Mungkin kalau sudah pakai satu tahun, saya baru bisa lihat perkembangannya, sekaligus saya bisa kasih ulasannya. 

Kalau setahun lebih kondisi mouse masih bagus, berarti bisa dibilang mouse ini cukup awet dan punya kualitas yang oke. Jadi, tunggu saja updatenya ya guys.

💚💚💚

Secara keseluruhan, saya cukup puas menggunakan mouse dari brand ROBOT ini. Meski ini adalah pertama kali saya pakai mouse ROBOT. Semoga saja bisa awet seperti mouse terdahulu yang saya gunakan. 

Berikut adalah spesifikasi dan fitur-fitur yang ada di mouse ROBOT M200. Informasi ini saya dapatkan langsung dari Toko Liem Group, toko di mana saya membeli mouse tersebut.

Unboxing Mouse Wireless ROBOT M200

Spesifikasi :
- Brand : ROBOT
- Type : M200
- Number of keys : 3
- Size : 100.7*56.4*34.7 mm
- Mouse weight : 42.5 gr
- DPI : 1600DPI
- Report Rate : 250Hz
- Battery specifications : 1x AA (not included)
- Key Life Of Mouse : Over 3000000 Times

Fitur :
1. Wireless Connection 2.4G, sinyal mouse lebih stabil
2. Klik-klik tanpa suara dan tidak mengganggu
3. Mini USB Konektor dengan jarak koneksi hingga 10meter
4. Nyaman digunakan dan tidak mudah lelah digunakan
5. Nikmati kenyamanan bekerja atau bermain
6. Dilengkapi dengan teknologi advance optical hingga 1600 DPI
7. Daya tahan baterai hingga 12 bulan
8. Plug and Play
9. Tidak membutuhkan instalasi software dan dapat langsung digunakan

Demikian ulasan singkat mengenai pengalaman pertama mencoba mouse wireless ROBOT M200 yang bisa Susahsinyal.com bagikan. Semoga bisa bermanfaat sekaligus menambah daftar rekomendasi mouse wireless.

4 komentar untuk "Review Mouse Wireless ROBOT M200"

  1. Selain Most..Robot juga banyak menelurkan produk2 teknologi lainnya yee mas Hend, Seperti Headset, Charger, Sepeker bluetooth dan masih banyak lagi.😁😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yes betul banget Mas bro. Spesialis gadget memang...

      Hapus
    2. gimana mousenya udah rusak apa masih bagus? scroll buttonnya aman² aja gak loss kan? udah kena penyakit double click belum?

      Hapus
    3. Alhamdulillah, sampai komentar ini dibuat, mouse masih baik-baik saja. Enggak ada keluhan-keluhan seperti yang disebutkan di atas...

      Hapus