Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengobati Kaki Keseleo Jika Sudah Terlanjur Terjadi

Cara Mengobati Kaki Keseleo

Keseleo biasanya bisa terjadi saat pergelangan kaki tidak sengaja tersandung atau berputar, sehingga menyebabkan terkilir. Gejalanya juga sering diiringi dengan rasa sakit di sekitar pergelangan kaki, dan kadang ditandai dengan memar serta pembengkakan.

Pengobatan Keseleo

Waktu untuk kembali beraktivitas ketika sudah terlanjur keseleo atau mengalami cidera pada pergelangan kaki sangat bervariasi. Selain itu, hal ini tentunya juga bisa memakan waktu. Biasanya, kamu akan membutuhkan setidaknya mulai dari beberapa hari hingga beberapa bulan.

Jika memang sudah parah, dokter atau ahli terapi akan membantu untuk menjalani pemulihan hingga benar-benar sembuh. Selain itu, berikut ini cara mengobati keseleo yang bisa kamu coba di rumah.

Istirahat

Beristirahatlah dari berbagai aktivitas yang menyebabkan nyeri. Kurangi frekuensi jalan kaki, akan tetapi ketika kamu berjalan, usahakan untuk mencoba berjalan senormal mungkin.

Es

Bungkus es batu dengan handuk basah, lalu tempelkan pada bagian yang terkena keseleo selama kurang lebih 15-20 menit setiap 1-2 jam.

Kompresi

Oleskan perban di area pergelangan kaki yang terkena keseleo. Pastikan perban justru tidak menghambat aliran darah ke jari-jari kaki. Lepaskan perban saat tidur di malam hari.

Elevasi

Saat beristirahat, angkat kaki sehingga posisi kaki lebih tinggi dari bagian jantung.

Lalu sebaiknya hindari hal-hal berikut ini :

Suhu dan air panas

Keduanya berpotensi bisa meningkatkan aliran darah dan pembengkakan.

Konsumsi alkohol

Konsumsi alkohol mampu meningkatkan aliran darah dan posisi tidak sadar bisa membuat kamu terjatuh atau mengalami cidera kembali.

Pemijatan

Pijat pada area yang keseleo bisa meningkatkan aliran darah dan pembengkakan. Jika dilakukan dengan tidak tepat, pemijatan justru bisa memperparah kondisi keseleo, terutama jika dimulai terlalu dini.

Kapan Sebaiknya Kamu ke Dokter?

Jika dengan melakukan istirahat dan kompres tidak memiliki pengaruh sama sekali untuk mengobati rasa sakit dan juga bengkak, atau ketika kamu tidak bisa berjalan dengan lancar, seperti biasa, ataupun kaki terasa nyeri pada bagian tulang pergelangan kaki, segera cari pertolongan medis.

Setelah 2-3 minggu, kamu mungkin akan diberikan latihan khusus oleh fisioterapis untuk memperkuat pergelangan kaki serta ototnya. Dengan rutin melakukan latihan tersebut, kamu akan membantu memulihkan keseleo pada pergelangan kaki. 

Latihan yang kamu lakukan, biasanya meliputi berdiri di atas jari-jari kaki dan tumit kamu serta lakukan gerakan memutar yang melibatkan pergelangan kaki.

Demikian cara terbaik mengobati keseleo yang bisa kamu ikuti. Kebanyakan orang akan segera pulih seutuhnya dalam waktu 1-6 minggu. Jika kamu tetap merasa tidak lebih baik setelah 7 hari, segera kunjungi dokter. 

Untuk cidera yang lebih parah, fisioterapis atau dokter kamu bisa memberikan bantuan terapi. Hindari melakukan aktivitas di area atau permukaan yang tidak rata atau ruangan yang memiliki pencahayaan yang buruk untuk menghindari kemungkinan cidera kembali.

Semoga bermanfaat.

1 komentar untuk "Cara Mengobati Kaki Keseleo Jika Sudah Terlanjur Terjadi"

  1. Terimakasih atas artikelnya
    saya kadang menerima tamu urut yang keseleo.

    BalasHapus